Hikmah

 

Kisah Lelaki Miskin Mendapat Syafaat Rasulullah karena Shalawat

Kisah ini menceritakan tentang seorang yang terbelit hutang-piutang, yang hidup dalam tumpukan hutang di tengah kubangan kemiskinannya.

Kealiman Syekh Nawawi Al-Bantani Mampu Menggetarkan Langit Hijaz

Syekh Muhammad Nawawi al-Jawi al-Bantani (محمد نووي الجاوي البنتني‎) yang familiar dengan sebutan Syekh Nawawi al-Bantani. Ulama Nusantara bertaraf internasional yang menjadi imam di Masjidil Haram.

Kisah Murid Mengeluh pada Sang Guru

Suatu hari, terdapat seorang murid yang mengadukan dan mengeluhkan masalah hidup yang dialami kepada muridnya. Apa yang dia keluhkan?

Meneladani Sikap Kesatria Gus Maksum Jauhari

Suatu ketika Gus Maksum Jauhari tiba-tiba datang ke rumah Kiai Mukrim di Pondok Pesantren Al-Bukhori Ponorogo yang kala itu masih santri di Lirboyo.

Aristoteles Santri Nabi Khidhir

Dalam kitab Al-Insanul-Kamil karya Syekh Abdul Karim al-Jili, terdapat sebuah pernyataan beliau bahwa, Aristoteles yang merupakan murid Plato itu pernah belajar kepada Nabi Khidir.

Kisah Habib Tunggang Parangan Mengislamkan Raja Kutai

HabibTunggang Parangan bergegas ke sungai mengambil air wudhu lalu sholat dua raka’at, maka turunlah hujan yang tidak terkira lebatnya hingga hampir menenggelamkan Negeri Kutai.

KH. Abu Chaer Kisahkan tentang Kiai Arwani Kudus yang Jago Kitab Kuning

Selama ini jika mendengar nama KH. Arwani Amin Kudus, yang terlintas adalah ulama ahli Qiraat. Atau jika pendengarnya orang-orang sepuh, maka yang terfikir beliau mursyid thariqoh.

Saat Mbah Mad Mranggen 'Menekuk' Logika Hukum Usulan Lokalisasi

Cerita ini barangkali dapat menginspirasi kita yang sedang larut di tengah arus pro dan kontra pemberian ijin investasi miras di propinsi Bali, Sulawesi Utara, NTT, Maluku, dan Papua.

KH. Abdul Qodir Rozy: Ulama Kharismatik dari Cianjur Jawa Barat

KH. Abdul Qodir Rozy lahir dikampung Cibadak Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur tanggal 15 September 1935 Masehi bertepatan dengan 29 Jumadil Akhir 1345 Hijriyyah.

Kisah Kiai Mukti Ngontel dari Ngawi ke Banyuwangi untuk Hadiri Muktamar NU

Bersepeda pada zaman itu, bukanlah hal yang menyenangkan sebagaimana hobi orang gowes dewasa ini. Selain kenyamanan bersepeda sangat terbatas, keamanan pun sangat rawan.