Hikmah

 

Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi, Warisan dan Karomahnya

Diriwayatkan bahwa Habib Ali bin Muhammad al-Habsyi (shohibu simtudduror), adalah seorang Wali Allah yang bisa mendengar suara tasbih (Subhanallah) dari barang-barang mati kepada Allah Swt.

Keteguhan Hati Habib Anis Al-Habsyi Solo

Andaikan di antara kita ada yang pernah memandang Habib Anis, niscaya dalam hati kita akan meyakini bahwa beliaulah hamba Allah yang sangat istiqomah dalam menapaki jejak datuk-datuknya sampai kepada Rasulullah SAW.

Karakter Ketampanan Baginda Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW adalah makhluk terbaik di antara semua ciptaan Allah SWT, baik dari segi bentuknya maupun akhlak atau perangainya. Dan beliau adalah sosok yang paling tampan, secara lahir dan batin.

Kisah Seorang Pemuda Berandalan yang Menjadi Wali Allah

Kisah ini menggambarkan betapa keberkahan dan rahmat Allah SWT itu terlimpahkan kepada setiap orang yang mencintai Nabi Muhammad SAW. Banyak bershalawat, menyambut hari lahirnya dengan penuh penghormatan.

Pesan-pesan Penting Kyai Sahal Mahfudz untuk Para Santri

Barangkali cukup banyak "wasiat" Mbah Sahal Mahfudz, Allahu yarham, lebih-lebih pesan secara implisit melalui tindakan (haliyah) beliau. Namun, setidaknya ada lima pesan atau wasiat penting dari beliau yang masih saya ingat.

Komitmen Nabi Muhammad SAW untuk Kaum Nasrani dalam Perjanjian Najran

Perjanjian Najran berisi tentang komitmen dalam menjaga persaudaraan yang telah disepakati antara Nabi Muhammad SAW dan pendeta Nasrani. Hadis yang memuat keterangan ini diyakni terbuti autentik dan telah teruji kebenarannya. 

Konteks Nabi Muhammad SAW Menikahi Shafiyah dan Kisah Isyarat Kenabian dalam Taurat

Gus Baha’ menegaskan bahwa memang wahyu yang datang kepada nabi itu tidak jarang susah dijangkau oleh akal. Hanya kecerdasan yang tinggi dan anugerah dari Allah yang mampu mengantarkan akal kita sampai pada taraf tersebut.

Mendoakan yang Baik untuk Pemimpin

Pernyataan itu menyiratkan makna bahwa kebaikan penguasa berpengaruh terhadap kebaikan rakyat dan negara. Kebaikan itu menjadi sangat luas. Sedangkan doa untuk pribadi, pengaruhnya hanya untuk dirinya sendiri.

Perjanjian Hudaibiyah sebagai Diplomasi Menghentikan Perang

Perjanjian Hudaibiyah meniscayakan sebuah perdamaian, meskipun pada saat itu bisa saja umat Islam menumpas dan menghancurkan orang-orang Kafir Quraisy. Ketika umat Islam sudah menang, justru Rasulullah SAW menawarkan satu perjanjian damai untuk menghentikan peperangan.

Pesan Mbah Wahab tentang Dua Golongan Manusia

Bagi Mbah Wahab, umat Islam harus mempunyai semangat juang yang tinggi dalam menebarkan kebaikan. Tidak boleh berputus asa dan selalu mempunyai harapan baik di manapun dan kapanpun.

Menampilkan 141 - 150 dari 1.989 Hikmah