Hikmah

 

Berbaik Sangka Kepada Allah SWT, Diri Sendiri dan Sesama Manusia

Salah satu sikap positif yang harus kita lakukan untuk mempertahankan hubungan ukhuwah islamiyah adalah husnuzdhan, atau berbaik sangka. Ketika kita mendengar hal-hal buruk tentang saudara sesama muslim, kita seharusnya melakukan tabayyun terlebih dahulu sebelum mempercayai atau meresponsnya secara negatif.

Nikmat Sehat dan Nikmat Waktu Luang Sering Menipu Manusia

Nikmat sehat dan waktu luang adalah dua hal yang seringkali diabaikan oleh manusia, termasuk kita.

Kisah Syaikhona Kholil Bangkalan Mengubah Air Laut Jadi Air Susu

Mbah Kholil Bangkalan adalah sosok yang selalu menyimpan cerita luar biasa tentang keajaiban di balik perbuatannya. Beliau dikenal memiliki sejumlah karomah, termasuk dalam kisah mengubah air laut menjadi susu. Kisah ini menjadi salah satu bukti keagungan dan keajaiban yang dimiliki oleh Mbah Kholil Bangkalan.

Karomah Syekh Abdullah Mudzakkir: Makamnya Terapung di Laut

Syekh Abdullah Mudzakkir, atau yang akrab dipanggil Mbah Mudzakkir, adalah salah satu ulama besar yang sangat dihormati di kalangan santri di wilayah Demak dan sekitarnya.

Kisah Sayyidina Umar Membentak Munkar Nakir di Alam Kubur

Sayyidina Umar adalah sahabat Rasulullah yang terkenal sebagai sahabat yang paling keras. Tidak ada yang ditakuti oleh Sayyidina Umar, hingga diriwayatkan, setan pun akan lari terbirit-birit hanya ketika mendengar langkah sayyidina Umar.

Kisah Zuhudnya Kyai Zainal Abidin Munawwir

KH. Zainal Abidin Munawwir dikenal sebagai sosok Kyai zuhud yang gigih dalam menjalankan ajaran Islam. Walaupun beliau termasuk pada kalangan ulama dengan pemikiran moderat, namun beliau selalu enggan berkompromi dengan kepentingan diri sendiri.

Meneladani Akhlak Rasulullah SAW kepada Pelaku Maksiat

Ketahuilah, bahwa pintu husnul khatimah tidak pernah terkunci untuk para pelaku maksiat, selama tidak ada kesombongan dan kemunafikan di dalam jiwanya.

Kedahsyatan Kemurahan Allah bagi Hamba-Nya

Pernahkah kita sadari, bahwa di antara sekian banyak makhluk ciptaan ‎Allah yang ada di jagat raya ini, kita adalah makhluk terbaik yang Allah ‎hadirkan ke dunia ini.‎

Analogi Sederhana tentang Pentingnya Shalat Berjamaah

Shalat berjamaah memiliki banyak keutamaan, di antaranya ialah mendapat keutamaan dihindarkan dari api neraka, dijauhkan dari sifat munafik, dan dibalas pahalanya dengan berlipat ganda. Shalat berjamaah juga memberikan peluang besar diterimanya shalat ketimbang shalat sendiri.

Ada Kemudahan di Balik Kesulitan

Kawan, seringkali di saat kesusahan kita malah mengalami kerugian. Kata orang, ini ibaratnya sudah jatuh tertimpa tangga pula. Namun, yakinlah dengan kekuatan doa dan keikhlasan hati. Apa yang sudah direnggut oleh tangan-Nya tidaklah tersisa kecuali barokah.

Menampilkan 51 - 60 dari 1.986 Hikmah