Hikmah

 

Kritik Moral Seorang Sufi

Kritik-kritik Ibrahim bin Adham terhadap kehidupan masyarakat yang banyak dipenuhi oleh sikap hipokrit senantiasa mengena. Kritik-kritik moralnya begitu tajam, demikian juga kritik sosialnya.

Dahsyatnya Wirid Akhir Jum'at di Bulan Rajab, tidak Akan Kosong dari Rezeki

Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi ra memberikan ijazah kepada Habib Umar bin Muhammad Maulakhela untuk membaca doa :”Ahmadurrasulullah Muhammadur Rasulullah”

Meneladani Hubungan antara Gus Dur dan Guru Sekumpul

Baik Guru Sekumpul maupun Gus Dur, keduanya adalah ulama berpengaruh dan masyhur diyakini sebagai bagian dari sekian waliyullah, kekasih Allah.

Mengenang Pertemuan Dua Mutiara Ilmu, Abah Guru Sekumpul dan Habib Anis Al-Habsyi

Selain berguru kepada para kekasih Allah SWT, Abah Guru Sekumpul juga bergaul dengan banyak tokoh yang merupakan sesama kekasih Allah. Di antara kisah menarik yang banyak dikenang terkait hal itu, adalah tentang hubungan Abah Guru Sekumpul dengan Habib Anis Al-Habsyi Solo.

Hadiah Dzikir Rasulullah untuk Sayyidah Fatimah Az-Zahra

Sayyidah Fatimah Az-Zahra r.ha, mempunyai dzikir yang merupakan hadiah dari ayahnya, Nabi Muhammad SAW. Sebagian kalangan menamai dzikir tersebut dengan sebutan "Dzikir Fatimah". Dzikir ini dibaca setiap menjelang tidur.

Kisah Seorang Perempuan yang Istiqomah Membaca "Dzikir Khusus" di dalam Bulan Rajab

Imam Ghazali dalam kitabnya Mukasyafatul Qulub, mengisahkan tentang seorang perempuan yang berada di Baitul Maqdis yang rajin beribadah dan selalu membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak 12.000 kali setiap harinya selama bulan Rajab.

Sebuah Nasihat untuk Para Pecinta dan Pembenci

Mencintai dan membenci adalah hal yang lumrah dan wajar ada di dalam diri setiap orang. Semuanya berpotensi mengalami dua hal tersebut. Tetapi bagaimana kemudian mengelola kedua hal itu agar tetap seimbang, tidak boleh diabaikan.

Kisah Habib Abdullah bin Abdul Qadir bin Ahmad Bilfaqih Bertemu Nabi Khidir

Cerita ini pernah dikisahkan oleh As-Sayyid Al-Walid Habibana Hasan bin Ja’far As-Segaf dan beliau sendiri yang mengalaminya.

Keterkaitan antara Hikmah dan Sedekah

Ternyata, di antara kumpulan ayat mengenai sedekah dan infak, Allah cantumkan ayat tentang hikmah. Ini berarti, Wallahu A’lam, berinfak dan bersedekah menjadi kriteria penting jika kita ingin meraih hikmah.

Alasan dan Prinsip Mbah Sahal Mahfudz Tidak Mau Berpolitik Praktis

Mbah Sahal kemudian menjawab, "Aku tidak mau melakukan lima hal yang (kebanyakan) melekat dalam diri politisi, yaitu; fattan, iftiro',  kaddzab, riya' dan 'ujub."

Menampilkan 71 - 80 dari 1.990 Hikmah