Hikmah

 

Kopi dan Tanggapan Para Ulama Tentangnya

“Kopi adalah penghilang kesusahan pemuda, senikmat-nikmatnya keinginan bagi engkau yang sedang mencari ilmu. Kopi adalah minuman orang yang dekat pada Allah didalamnya ada kesembuhan bagi pencari hikmah diantara manusia.

Mengapa Santri Suka Menata Sandal Kyai? Berikut Penjelasannya

Tradisi menata sandal itulah yang menjadikannya identik pada seorang santri, bahkan santri tidak akan segan-segan saling berebut dengan santri lainnya hanya demi menata sandal sang guru.

Allah akan Menerima Taubat Hambanya

Tidak ada satupun manusia di bumi ini yang tak lepas dari perbuatan dosa, baik itu disadari maupun tidak. Dan tak ada satu manusia pun manusia yang mengetahui apakah ia akan meninggal dalam keadaan husnul khotimah atau su’ul khotimah.

Mbah Liem: "Nguwongke Uwong, Gawe Legane Uwong"

Salah satu ajaran moral KH. Muslim Rifa’i Imampura adalah “nguwongke uwong, gawe legane uwong”, arti ungkapan tersebut adalah memanusiakan manusia dan membuat orang lain merasa lega/senang.

Bisakah Ilmu Melaknat Pemiliknya? Berikut Penjelasannya

Diibaratkan seperti seorang koki yang memiliki banyak pisau tajam namun tidak menggunakan satupun diantaranya, sehingga pisau yang ia miliki tidak memberi manfaat kepada pemiliknya.

Gus Baha: Hikmahnya Sedekah Orang Shaleh Tidak Diketahui Orang Lain

Bagi orang awam, mindset “kalau tidak dimakan, ya jangan beli” merupakan sebuah kekeliruan, sebab dengan membeli dagangan si penjual maka sudah pasti si penjual akan membawa uang untuk memberi makan keluarganya.

Kisah Seorang Pelukis dan Lukisan Kebanggannya

Dalam postingan di laman facebook pribadinya, KH. Taufik Damas menceritakan sebuah kisah dari seorang pelukis yang sangat bangga dengan lukisannya.

Kisah Pangersa Abah Anom QS dan Seorang Penjudi

Pangersa Ajengan Aang Muhaiminul Aziz ra bercerita bahwa dulu pernah ada seseorang yang kalah main judi melintas di depan Madrasah Pontren Suryalaya. Pakaiannya sampai habis semua hanya menyisakan celana pendek yang masih dipakainya.

Hikmah Ketika Nabi Musa AS Sakit Gigi

Dalam kitab Kifayatul Awwam, dihikayatkan atau dikisahkan bahwa Nabi Musa AS pernah sakit gigi. Beliau mengadukan rasa sakitnya kepada Allah SWT. Lalu Allah SWT memerintahkan Nabi Musa untuk mengambil sejenis rumput di tempat yang telah ditentukan untuk diletakan di atas giginya yang sakit. Nabi Musa AS melaksanakan apa yang diperintahkan, dan rasa sakitnya pun hilang seketika.

Eminensi Karangan Kitab Imam Ghazali

Aku membuka lembaran pertama pada kitab tersebut, menerangkan tentang pujian ulama atas karangan kitab Imam Hujjatul Islam Muhammad bin Muahmmad bin Muhammad Al-Ghazali, terutama pujian terhadap kitabnya yang berjudul Ihya Ulumuddin. Beberapa ulama yang memuji karangannya Imam Ghazali