Islam Nusantara

 

Do'a Adalah Ritual Memohon Pertolongan yang Sudah Menjadi Budaya Nusantara

Dungo (bahasa Jawa) berasal dari kata do’a yang diambil dari bahasa Arab yaitu al-du’a berarti memanggil, mengundang, meminta tolong, memohon, dan sebagainya.

Madrasah Diniyah adalah Lembaga Pendidikan yang Mengkaji Agama dari Berbagai Sudut Pandang dan Pende

Kata diniyah berasal dari Bahasa arab yang berarti keagamaan, dari akar kata din yang memiliki arti; pasrah, tunduk, patuh, tingkah laku, kebiasaan, kepercayaan, tauhid, ibadah. Umumnya kata din bermakna agama. Kata din dalam al-qur’an diulang sebanyak 101 kali, dan memiliki makna yang bermacam-macam.

Lembaga Pendidikan Keagamaan di Aceh yang Didirikan Sejak Zaman Kesultanan Peureulak

Dayah di Aceh merupakan sebutan untuk lembaga pendidikan semacam pesantren di Jawa atau surau di Padang. Secara bahasa, kata dayah diserap dari bahasa Arab zawiya yang berarti ‘sudut’, mengacu pada tempat-tempat di sudut masjid Madinah sebagai pusat pendidikan dan dakwah Islam pada masa Nabi Muhammad saw.

Tradisi Cium Tangan Dilakukan Sebagai Bentuk Penghormatan

Budaya merupakan kristalisasi nilai dan pola hidup yang dianut suatu komunitas. Budaya tiap komunitas tumbuh dan berkembang secara unik, karena perbedaan pola hidup komunitas itu. Salah satu sumber terbentuknya budaya dalam suatu komunitas adalah agama.

Cigawiran adalah Seni Tarik Suara Islam Nusantara yang Berasal dari Jawa Barat

Cigawiran adalah seni tarik suara Islam Nusantara yang berasal dari desa Cigawir, Garut, Jawa Barat (Sunda). Tembang Cigawiran berbeda dengan tembangtembang khas Sunda lainnya, seperti Cianjuran dan Ciawian, karena selain memiliki cengkok dan karakter yang khas, Cigawiran juga sangat kental dengan nuansa Islaminya.

Ritual Membangun Rumah untuk Menyongsong Masa Depan

Buka tableg atau sering disebut buka pandeman merupakan prosesi ritual yang diselenggarakan sebelum penggalian tableg atau pandeman (fondasi) rumah.

Istilah Bisyaroh Digunakan Kalangan Pesantren untuk Pemberian Gaji atau Bayaran

Bisyaroh secara bahasa berasal dari kata Bahasa Arab Bisya

Begini Tantangan Besar NU Setelah Masuki Usia ke-93

Di usia yang ke 93, NU memiliki tantangan yang besar. Apa saja tantangan tersebut?

Inilah Arti Kata Barokah yang Biasa Diucapkan Masyarakat Nusantara

Kata “berkah” atau “berkat” atau “barokah” berasal dari bahasa arab albarakah (البركة .(Di dalam kamus-kamus Arab, al-barakah memiliki arti pertumbuhan, pertambahan, kebaikan.

Hingga Kini Tradisi Basapa Masih Terus Dilaksanakan Masyarakat Minangkabau

Dengan masuknya agama lslam ke Minangkabau, hal tersebut memberikan pengaruh besar kepada masyarakat Minangkabau sehingga Islam menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari adat Minangkabau. Sejarahwan, Taufik Abdullah, bahkan pernah mengatakan bahwa, “Minangkabau merupakan salah satu daerah yang mengalami proses lslamisasi yang sangat dalam dan agama lslam telah menyatu dengan kehidupan masyarakat.

Menampilkan 441 - 450 dari 567 Islam Nusantara