Islam Nusantara

 

Ini Alasan Gus Dur Perintahkan Banser Jaga Gereja

- Penanganan konflik antarumat Kristen dan Islam  di Ambon tahun 1999 mencerminkan sikap kenegarawanan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang layak diapresiasi. Sehingga konflik tersebut  tidak merambah ke daerah lain sebagai sentimen agama yang memicu terjadinya konflik serupa

Kongres IPNU dan Kisah Ajengan Ilyas Ketika Masa Muda

Mengikuti Kongres IPNU adalah sebuah kebanggaan bagi setiap kader. Begitupun dalam kisah masa muda Ajengan Ilyas. Bagaimana kisahnya?

Jejak Teroris dari Uighur China di Indonesia

Teman-teman penegak hukum sudah berinteraksi dengan orang-orang Uighur itu sudah cukup lama. Kiprah mereka dalam dunia terorisme di Indonesia juga cukup panjang

Inilah Negara-Negara Pemilik Destinasi Wisata Halal

Wisata halal memang menjadi trend dunia akhir-akhir ini. Terus, negara apa saja ya yang menyediakan destinasi wisata halal?

Masih Segar, Ini Tulisan Gus Dur tentang Islam dan HAM

Tulisan ini adalah artikel yang ditulis oleh Gus Dur tentang Islam dan HAM. Bagaimana isinya?

Begini Beratnya Menjadi Santri di Era Millenial

Di era millenial ini, menjadi santri sangat lah berat. Kenapa bisa begitu?

Rais Aam Kupas Ahlussunnah Wal Jama'ah An Nahdliyah di Hadapan Ribuan Nahdliyin Bali

"NU disebut Jam’iyah Diniyah Ijtima’iyah, Jam’iyahnya Ahlussunnah wal Jama’ah an Nahdliyah, Diniyahnya adalah amar ma’ruf nahi munkar, dan ijtima’iyahnya mabadi’ khairul ummah",  tutur Rais ‘Aam PBNU KH. Miftachu Akhyar di Denpasar, Bali (9/12/2018).

Maulid Nabi PCNU Kota Denpasar, Merawat Tradisi Islam Nusantara Demi Tegaknya Martabat Bangsa

Pada sisi lain, ada yang mengatakan bahwa istilah ini mengindikasikan ketidak sukaan terhadap bangsa Arab yang notabenenya adalah tempat lahirnya Agama Islam.

Ali Hasjmy #16: Sosok Ulama dan Tokoh Pendidikan

Apabila disimak lebih jauh, kepeloporan Ali Hasjmy di bidang pendidikan ini, pada prinsipnya bukan hanya sekedar sebagai pembuat atau pencetus ide, melainkan sebagai pembangun dan pelaksana pendidikan.

Ali Hasjmy #15  : Sosok Penyair Islam dan Kebangsaan Indonesia

Baru pada tahun 1939 ia memperoleh imbalan yang layak dari dua novelnya, yakni Bermandi Cahaya Bulan (1938) dan Melalui Jalan Raya Dunia (1939) yang juga diupayakan oleh penerbit Medan. Karya-karya Ali Hasjmy antara lain, (1) Sayap Terkulai (novel, 1936), (2) Suara Azan dan Lonceng Gereja (novel, 1948).

Menampilkan 471 - 480 dari 567 Islam Nusantara