Artikel Keagamaan

 

Kisah Haru Lebaran Yang Terjadi di Madinah

Di suatu pagi Hari Raya Idul Fitri. Rasulullah Saw seperti biasa tiap hari lebaran, mengunjungi rumah demi rumah untuk mendo’akan kaum Muslim agar merasa gembira dan bahagia pada hari raya itu.

Renungan Perpisahan Bulan Ramadhan

Jika Ramadhan pergi. Dia pasti akan kembali lagi tetapi jika kita yang pergi, sudah pasti tidak akan kembali lagi. Jadi, siapkan bekal diri kita sebaik mungkin. Mudah-mudahan kita masih dipertemukan dengan Ramadhan tahun depan.

Makna Hari Raya Idul FItri

Suatu hari Khalifah Umar bin Abdul Aziz menatap putranya Abdul Malik yang sedang mengenakan pakaian usang dihari raya. Umar pun lalu menangis.

PBNU Tetapkan 1 Syawal 1442 H, Kamis 13 Mei 2021

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menetapkan 1 syawal pada Kamis tanggal 13 Mei 2021.

Inilah Keutamaan Silaturahmi Saat Hari Raya Idul Fitri

Silaturahmi merupakan ibadah yang sangat agung, mudah dan membawa berkah. Kaum muslimin hendaknya tidak melalaikan dan melupakannya. Sehingga perlu meluangkan waktu untuk melaksanakan amal shalih ini.

Tiga Arti Halalbihalal Menurut M. Quraish Shihab

Dalam bukunya yang berjudul Membumikan Al Qur an, M. Qurasih memberikan penjelasan mengenai pengertian dan makna yang terkandung dalam Halalbihalal. Menurutnya halalbihalal mengandung tiga arti.

Cara Menghidupkan Malam Hari Raya Idul Fitri 2021/1442 H

Cara menghidupkan hari raya dapat dilakukan dengan memperbanyak do’a dan dzikir kepada Allah, memperbanyak shalat sunnah, dan amaliyah-amaliyah yang bersifat keta’atan lainnya.

Minal Aidin Wal Faizin Ucapan Mohon Maaf Secara Umum di Hari Raya

Bagi umat muslim yang merayakan pasti mengucapkan satu dengan yang laimya baik disampaikan secara langsung maupung menggunakan media elektronik  “minal aidin wal faizin” dan diikuti dengan mohon maaf lahir dan batin sehingga banyak yang mengira bahwa itu artinya.

Menjelang Lebaran Bung Karno Tak Punya Uang

Menjelang Lebaran, Bung Karno menemui mantan Menteri Luar Negeri DR. Roeslan Abdoelgani untuk dicarikan uang.

Ucapan Maaf di Hari Raya Tidak Bisa Menggugurkan Dosa Sesama Manusia

Di masa hidupnya setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak. Diantara kesalahan-kesalahan tersebut, terkadang ada yang dapat merugikan orang lain. Lantas untuk menebus rasa bersalah tersebut, orang yang berbuat salah harus meminta maaf. Oleh sebab itu, setiap orang harus terbiasa mengucap kata minta maaf.