Hikmah

 

Buya Syakur: Allah Melihat Hati yang Mudah Merasakan Haru

Hal yang penting dan hakiki dalam kehidupan itupun kemudian dapat kita refleksikan ke dalam kehidupan kita sehari-hari.

Hikmah di Balik Kiai Kontroversial, Pelajaran dari Gus Dur dan Gus Miek

Banyak kiai-kiai kita di Indonesia yang tindakan dan perkataannya dianggap kontroversial, bahkan dari saking kontroversialnya, kiai-kiai kita sering mendapat cercaan dan hinaan. Akan tetapi, pantaskah hinaan-hinaan itu diluncurkan kepada orang yang secara kealiman dan keulamaannya jauh melebihi penghinanya?

Bagaimana Cara Melupakan Kenangan Masa Lalu?

Bagaimana cara kita agar bisa melupakan masa lalu yang dirasa sangat membahagiakan tetapi pada akhirnya berubah menjadi penderitaan karena kebahagiaan itu tidak lagi kita rasakan?

Khutbah Jumat: Allah Melipatgandakan Rahmat-Nya Bagi Siapapun yang Dikehendaki

Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang berada di rumah bersama Siti Aisyah, kemudian pintu rumah Rasulullah didatangi oleh seorang pengemis. Rasulullah pun merasa bingung, apa yang akan diberikan kepada pengemis itu sementara Rasulullah sudah tidak memiliki apa-apa.

Pantaskah Kita Mengucap Aku Mencintaimu Lillahi Ta’ala?

Hal ini juga berlaku bagi kata-kata yang diucapkan orang dengan mengutip ayat Al-Qur’an yang berbahasa Arab. Seringkali orang mengutip kata dan kalimat dalam Al-Qur’an yang hanya berdasarkan pada pengertian pada terjemahan bahasa Indonesianya.

Memahami ‘Amar Ma’ruf Nahi Munkar Secara Benar

KH Buya Syakur Yasin menegaskan bahwa frasa bahasa Arab itu tidak boleh hanya dimengerti secara mentah-mentah, karena itu hanya akan mengakibatkan terjadinya hukum rimba.

Belajar Islam Itu Berat, Biar Santri Saja

Serahkan saja kepada santri-santri yang sudah mendedikasikan hidupnya untuk belajar dan memahami Islam secara mendalam dan menyeluruh. Karena belajar Islam itu berat, maka itulah biar santri saja.

Ibadah Itu untuk Hidup, Bukan Hidup untuk Ibadah

Sebenarnya, kita hidup bukan buat untuk beribadah, tetapi kita beribadah supaya kita bisa sukses dalam pembangunan dunia ini.

Gus Baha: Masuk Surga Bukan karena Ibadah Kita

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha, dalam salah satu ceramahnya menyampaikan bahwa, status lamanya di surga semuanya bukan karena ibadah kita.

Asal usul Keranda Mayit, Begini Kisahnya

Asal usul Keranda Mayit, Begini Kisahnya