Pesantren Salafiyah Dawuhan Situbondo

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Salafiyah Dawuhan Situbondo

Profil
Berawal dari ke-istiqamah-annya dalam melaksanakan pengajian rutinan bulanan, yaitu setiap Jum’at Legi dan Jum’at Kliwon. KH. Abd. Rasyid dengan sabar dan ikhlas membimbing para jema’ah pengajiannya dengan memberikan pengajian agama dan siraman rohani demi mencari keridhaan Allah SWT. Pengajiannya ini berlangsung sejak tahun 1980-an hingga sekarang. Dari tahun ke tahun seiring dengan waktu, jema’ah pengajiannya semakin bertambah banyak dan berkembang pesat.

Pada awalnya, jema’ah pengajiannya hanya berasal dari sekitar daerah Kabupaten Situbondo kemudian menyebar ke daerah tapal kuda, dan sejak awal tahun 2010- an hingga sekarang, anggota pengajiannya telah menyebar ke daerah Pasuruan, Surabaya, Madura, Bali dan Yogyakarta. Nama Asli  KH. Abd. Rasyid adalah Acek Bagus Darmawan Rasyid, nama awalnya kemudian disingkat dengan “ABD”.  Untuk lebih memudahkan orang-orang dalam memanggilnya, maka dipanggillah dengan sebutan nama KH. Abd. Rasyid.

Profesinya sebelum menjadi kyai adalah pensiunan pegawai negeri sipil di PUD Situbondo. Dalam bidang keilmuan, Beliau merupakan murid senior dari seorang kyai Bondowoso yang terkenal ke-mursyid-annya, yaitu  al-Marhum KH. Abuzairi (w. 2006) pengasuh Pondok Pesantren Islam Salafiyah Pakisan Bondowoso. Dari gurunya ini, beliau mendapatkan ijazah ke-mursyid-an untuk menyebarkan ilmu keagamaan dalam bidang spritual/ tasawwuf yang beraliran manāqib syekh Abd al-Qadīr al-Jailanī.

Dalam perkembangan selanjutnya, tepatnya awal tahun 2012, timbul desakan dari para jema’ah pengajiannya untuk mengadakan pondok pesantren yang dapat menampung putra-putrinya dalam menuntut ilmu agama. Maka dibangunlah asrama pondok yang sangat sederhana sekali terbuat dari pondok bambu, untuk santri putra dibangun 3 (tiga) bilik dan untuk santri putri 3 (tiga) bilik juga. Keenam asrama tersebut  dibangun di atas tanah milik KH. Abd. Rasyid pribadi. 

Pada awal berdirinya, santri yang mondok di Pondok Pesantren ini berjumlah 11 (sebelas) orang, namun berkat barokah dan karomah KH. Abd Rasyid serta didorong oleh kegigihan dan semangat para jema’ah pengajiannya, dalam hitungan beberapa bulan, jumlah santri semakin bertambah banyak, hingga sampai saat ini jumlah santri seluruhnya mencapai 113 orang. Membludaknya jumlah santri dalam hitungan beberapa bulan bagi pesantren yang tergolong baru, hal itu merupakan suatu anugerah keistimewaan dari Allah SWT. yang tidak semua pesantren baru mengalaminya.

Namun anugerah keistimewaan yang didapat oleh pesantren Salafiyah Dawuhan tidak didapatnya dengan mudah, tetapi melalui suatu proses perjuangan yang keras dan membutuhkan kekompakan antara KH. Abd. Rasyid dan jema’ah pengajiannya. Dari membludaknya jumlah santri tersebut, muncullah permasalahan baru yang tidak terduga sebelumnya, yaitu minimya fasilitas dan terbatasnya luas tanah untuk pengembangan kegiatan kepesantren yang selama ini menumpang di halaman dan mushalla milik kyainya.

Dengan dilatar belakangi inilah, KH. Abd. Rasyid berencana memperluas pesantrennya dengan membentuk kepanitiaan wakaf tanah pesantren yang terdiri dari anggota pengajiannya. Alhasil, dalam hitungan 16 bulan, tepatnya akhir 2012, dana pengadaan tanah wakaf yang terkumpul dari jema’ah pengajian dan para donatur yang ada mampu dibelikan tanah seluas 4880 M2. Untuk mendapatkan payung hukum, KH. Abd. Rasyid bersama pengurus jema’ah pengajiannya membentuk kepengurusan yayasan dan didaftarkannya di kantor Notaris Magdalena S. Gandawijaya, SH Bondowoso dengan nama Yayasan Pondok Pesantren Islam “Salafiyah Dawuhan”, maka terbitlah akta pendirian yayasan pada tanggal 18 Maret 2013 dengan nomor akta 53 dan mendapat pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM pada tanggal 13 Agustus 2013 dengan surat keputusan No.: AHU- 4524.AH.01.04. Tahun 2013.  

Pengasuh 
 KH. Abd. Rasyid

Pendidikan
Pendidikan Formal
1. MTs
2. MA


Pendidikan Informal
1. TPQ
2. Madrasah Diniyah


Ekstrakurikuler

  1. Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
  2. Kajian kitab-kitab kuning
  3. Muhadlarah
  4. Hadrah
  5. Ziarah
  6. Mauludan
  7. Banjari
  8. Bahtsa'ul Masa'il
  9. Kaligrafi
  10. Olahraga: Sepakbola, Basket, Voli, Senam, Beladiri
  11. Pramuka
  12. PMR
  13. Pelatihan Komputer
  14. English Conversation
  15. Arabic Club
  16. Jurnalistik


Hadrah di pesantren Salafiyah Dawuhan


Kajian kitab kuning di pesantren Salafiyah Dawuhan

Fasilitas

  1. Masjid
  2. Gedung asrama santri
  3. gedung sekolah
  4. Aula
  5. Kantor
  6. Asrama pengasuh
  7. Dapur
  8. Lapangan Olahraga
  9. Koperasi santri
  10. Perpustakaan
  11. Laboratorium komputer
  12. Laboratorium bahasa
  13. Laboratorium IPA
  14. Gudang
  15. Sanitasi/MCK
  16. Klinik kesehatan.


Gedung pesantren di pesantren Salafiyah Dawuhan


Gedung pesantren di pesantren Salafiyah Dawuhan

Alamat
Jl. Sucipto, RT. 5 / RW. 4, Dawuhan, Situbondo, Kecamatan Situbondo, Dawuhan, Kec. Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur
Kode Pos: 68311
Tlp: (0338) 672228
       0852-5877-4256

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

 
 
 
 
 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.