Pesantren Darussalam, Bukateja, Purbalingga

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Darussalam, Bukateja, Purbalingga

Profil

Pondok pesantren ini terletak di wilayah timur Kabupaten Purbalingga. Kurang lebih lima belas kilometer dari Kota Purbalingga. Dari Kecamatan Bukateja orang yang akan berkunjung atau mondok ke Pondok pesantren ini cukup naik becak atau naik angkutan pedesaan dari Kecamatan Bukateja, sekitar 3 kilometer arah timur dari kecamatan Bukateja. Pondok Pesantren ini terletak di dusun Kembaran Desa Cipawon Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah.

Awal mula berdirinya pondok pesantren Darussalam ini terinsipirasi oleh pesan dan perintah dari sang guru besar Al maghfurlah KH. Mukhtar Syafaat Abdul Ghofur pengasuh pondok pesantren Darussalam, Blok Agung, Banyuwangi, Jawa Timur kepada KH. Abdul Ghofur Arifin, untuk mendirikan sebuah pesantren,”lhe, nak wes mulih gaweo tenger, ora usah kuwatir, coro endok kowe iseh tak angremi, nak wes wayae mesti netes”. Begitulah pesan beliau kepada sang murid yang kebetulan menjadi khadamnya selama bertahun-tahun sehingga banyak mendapatkan pelajaran khusus dan pesan-pesan penuh makna secara langsung.

Berbekal pesan-pesan dan timbaan ilmu dari sang guru, Sepulangnya dari pesantren KH. Abdul Ghofur Arifin mulai mendirikan sebuah majlis taklim untuk kalangan muslimat setempat pada tahun 1983. Lambat laun majelis taklim itu semakin berkembang dan banyak diminati oleh masyarakat sekitar bahkan santri dari luar daerah mulai berdatangan sehingga setahun kemudian didirikanlah pondok pesantren yang dinamai Darul Muttaqin.

Selang satu tahun kemudian sang guru KH. Mukhtar Syafaat berkunjung dan memerintahkan agar pondok pesantren yang baru dirintis itu diganti namanya dengan Darussalam, “lhe, manuto aku wae insyaallah berkah”, begitulah pesan KH Mukhtaar Syafaat Abdul Ghofur. Dengan acuan pesan singkat beliau, KH. Arifin Abdul Ghofur lantas mempunyai cita-cita besar agar nantinya Pondok Pesantren Darussalam kembaran, Cipawon dapat berkembang seperti halnya Pondok Pesantren Darussalam Blok Agung, Banyuwangi yang tidak hanya menjadi sebuah pesantren salaf saja akan tetapi dilengkapi dengan berbagai cabang pendidikan sesuai kebutuhan masyarakat pada zaman sekarang.

Mulai dari Taman Kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Karenanya secara garis besar pondok pesantren ini akan diarahkan seperti pondok Darussalam Blok Agung. Akan tetapi karena keterbatasan sarana dan prasarana KH. Arifin Abdul Ghofur baru dapat mewujudkan sebagiannya yaitu Pondok Pesantren salaf murni, Pondok Tahfidl Alqur'an dan Taman Pendidikan Alqur'an.

Pendiri
KH. Abdul Ghofur Arifin

Pengasuh
KH. Abdul Ghofur Arifin

Pendidikan

Sistem Pendidikan
Jenjang Pendidikan Tingkat Ibtidaiyah Tingkat Tsanawiyyah Tingkat Aliyah Untuk menambah bobot pengajian, dalam pelajaran juga masih ada pengajian yang diberikan oleh santri senior yang sudah mampu. Pengajian ini mengambil celah-celah waktu senggang santri. Semua sistem yang dipergunakan adalah model bandongan, yakni guru membaca kitab, para santri kemudian memberi makna gandhul (bahasa Jawa), atau model sorogan, yakni santri membaca kitab secara aktif yang dibimbing oleh santri senior.

Jenjang Pendidikan
Pondok pesantren Darussalam membagi jenjang pendidikan menjadi
1. Ibtidaiyyah
2. Tsanawiyyah
3. Aliyah
4. Musyawirin.

Pendidikan Non Formal
1. TPQ
2. MAdrasah Diniyah

Ekstrakurikuler

1. Tahfidzul Qur'an
2. Seni baca Al-Qur'an
3. Kajian Kitab Kuning
4. Baca Tahlil dan Yasin
5. Muhafadzah
6. Dibaiyah
7. khitobah
8. Bahtsul masa’il
9. Hadrah
10. Komputer
11. Ketrampilan Usaha/Hidup: Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perikanan, Pertukangan, Komputer


Muthola'ah Kitab kuning di pesantren Darussalam


Diba'an oleh santri putri di pesantren Darussalam

Fasilitas

1.  Masjid
2. Gedung Asrama Santri
3. Gedung Madrasah
4. Kantor
5. Asrama Pengasuh
6. Aula
7. Perpustakaan
8. Ruang Tamu
9. Laboratorium Komputer
10. Dapur
11. Lapangan
12. Koperasi Santri
13. Gudang
14. Sanitasi dan MCK
15. Klinik Kesehatan Pesantren

Masjid di pesantren Darussalam


Gedung Pesantren di pesantren Darussalam

Alamat

Desa Cipawon, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah
Kode Pos:  53382
Telepon:  (0286) 521-0412, 0812-2973-9332"  
    

KUNJUNGI JUGA

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.