Perempuan Arab Saudi Rayakan Pencabutan Larangan Mengemudi

 
Perempuan Arab Saudi Rayakan Pencabutan Larangan Mengemudi

Riyadh- Perempuan Arab Saudi secara resmi bisa mendapatkan izin mengemudi mobil pada Minggu (24/6) kemarin. Kebijakan memperbolehkan mengemudi bagi perempuan arab saudi setelah lebih dari 60 tahun dilarang, mendapatkan sambutan yang luar biasa. 

 

Kebijakan tersebut langsung disambut oleh beberapa kaum hawa di arab saudi dengan mengendarai mobil. "Ini hari yang indah," kata wanita pebisnis, Samah Algosaibi saat ia berkeliling kota Alkhobar.  "Hari ini kita di sini," katanya dari kursi pengemudi. "Kemarin kami duduk di sana," katanya, menunjuk ke belakang.

 

Sementara itu, anggota Dewan Shoura Saudi Lina Almaeena, salah satu wanita pertama yang menyetir di kerajaan mengaku bangga dan lebih bermartabat dengan bisa mengendarai mobil sendiri. "Saya merasa bangga, saya merasa bermartabat dan saya merasa terbebaskan," kata anggota Dewan Shoura Saudi Lina Almaeena, salah satu wanita pertama yang menyetir di Kerajaan.

 

Ia mengatakan kepada Arab News bahwa acara itu mengubah hidupnya dengan "memfasilitasi, membuatnya lebih nyaman, membuatnya lebih menyenangkan, dan membuatnya lebih bebas stres," ungkapnya.

 

Bahkan perayaan mencapai Perancis, anggota perempuan pertama dari federasi motorsport nasional Saudi, Aseel Al-Hamad mengendarai mobil balap Formula 1 dalam parade khusus sebelum Grand Prix Perancis di Le Castellet.

 

"Saya berharap melakukannya pada hari ketika wanita dapat berkendara di jalan-jalan di Kerajaan Arab Saudi menunjukkan apa yang dapat Anda lakukan jika Anda memiliki semangat dan semangat untuk bermimpi," katanya.

 

Sebagai penghormatan kepada supir perempuan Saudi, penyanyi sopran asal Libanon Hiba Tawaji juga merilis sebuah video khusus dari sebuah lagu yang ia tampilkan secara langsung di Riyadh pada sebuah konser pada Desember lalu.

 

"Hari ini para wanita di Arab Saudi dapat secara legal mengendarai mobil mereka," katanya. "Selamat atas pencapaian ini, ini untuk Anda!" sambungnya.