Ribuan Pencari Kerja Serbu NU Batang Job Fair

 
Ribuan Pencari Kerja Serbu NU Batang Job Fair

NU Batang Job Fair yang digelar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Batang, Jawa Tengah, ramai pengunjung. Rata-rata mereka yang datang adalah para pencari kerja.

Kegiatana ini resmi dibuka oleh Bupati Batang, Wihaji, pada Rabu (11/7) di Pondok pesantren Darul Ulum, Tragung, Kandeman. Kegiatan ini diadakan sebagai rangkaian Konferensi Cabang XVII.

NU Batang Job Fair diadakan sejalan dengan visi-misi Pemerintah Daerah (Pemda) Batang, yakni untuk mengurangi pengangguran terutama yang ada di Batang. Hal ini disampaikan oleh Bupati Batang, bahwa dengan adanya kegiatan ini setidaknya dapat membantu menyerap sekitar sepuluh ribu tenaga kerja baru selama lima tahun ke depan.

Oleh sebab itu, Wihaji sangat mengapresiasi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Republik Indonesia yang telah dua kali bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Batang dalam menyelenggarakan Job Fair. “Hal ini sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Batang khususnya para pencari kerja,” terang Wijahi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Konfercab XVII, Ahmad Munir Malik, NU Batang Job Fair digelar selama dua hari yaitu 11 hingga 12 Juli dan diikuti 45 perusahaan. “Seluruhnya membuka dua ribu lebih lowongan kerja,” jelas Munir, pada Kamis (12/7).

Munir juga menambahkan bahwa animo masyarakat sangat besar, terutama dari kalangan pencari kerja, karena dilaksanakan pada momentum yang tepat, yakni setelah kelulusan tingkat SLTA beberapa waktu lalu. "Hingga pembukaan, tercatat sudah ada lebih dari 1.500 orang yang mendaftar secara online untuk ikut dalam job fair ini," tambah Malik.

Awalnya, kegiatan ini akan dibuka Menteri Tenaga Kerja RI, M Hanif Dhakiri. Akan tetapi, karena kegiatan mendadak, kemudian diwakili oleh M Nur Huda Yusro selaku Staf Khusus Menaker RI.

Dalam sambutannya, M Nur Huda Yusro mengatakan bahwa Kemenaker sedang konsentrasi mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan. "Kemnaker RI tahun ini fokus pada program peningkatan SDM agar mampu berwirausaha,” tegas M Nur Huda.