Merajut Ukhuwah dalam Maulid Nabi

 
Merajut Ukhuwah dalam Maulid Nabi


LADUNI. ID,  KOLOM-Sosok junjungan kita Nabi Muhammad Saw. Beliau tidak lain adalah seorang tokoh keteladanan totalitas kita di setiap aspek kehidupan. 

Mulai dari hal kecil dan dianggap sepele, lihatlah bagaimana cara makan Rasulullah Saw pun merupakan keteladanan.

 Begitu juga bagaimana baginda  Nabi Muhammad Saw masuk ke toilet, ini  juga menjadi bagian akhlak keteladanan.

Bagaimana baginda nabi bertindak yang dianggap sepele menjadi suri tauladan untuk umat-Nya dan kini nilai tersebut telah banyak diabaikan.

 Terlebih lagi problema dan permasalahan  yang menyangkut dengan sosial masyarakat, bernegara, hubungan bilateral dan lainnya yang begitu besar pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat.

 Realisasi nilai Itulah yang disebut sebagai bentuk Islam kaaffah. Semoga dengan berbagai bentuk perayaan dan kegiatan dalam memperingati Maulid Nabi besar Muhammad Saw.

 kita berusaha  sekuat tenaga dalam  meneladani setiap bentuk kebaikan dan tingkah laku yang ada pada diri beliau di termasuk tidak saling menghujat.

Juga tidak saling dan mencaci serta menebaarkan kebenciaan diantara sesama akibat tidak sependapat dengan kita baik terhadap peringatan maulid nabi juga persolaan dan problema lain dalam masyarakat.

Memperingati maulid jangan sampai menimbulkan ekses pelanggaran syariat dan  terkadang melalaikan dalam meneladani akhlak rasulullah Saw dengan terlalu sibuk merayakannya secara seremonial.

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi Asal Dayah MUDI Samalanga