Menulislah, Bupati Beri Insentif Tulisan Mahasiswa

 
Menulislah, Bupati Beri Insentif Tulisan Mahasiswa

LADUNI.id, PAMEKASAN – Bupati Baddrut Tamam mendorong peningkatan semangat membaca, diskusi, dan menulis di kalangan pelajar dan mahasiswa. Bentuk dorongan itu, Pemkab Pamekasan menyiapkan insentif bagi mahasiswa dan pelajar yang tulisannya dimuat di media massa.

Bupati Baddrut mengatakan, program tersebut terinspirasi saat dirinya kuliah di Malang. Mahasiswa di Kota Apel itu senang diskusi, menulis, dan membaca. Salah satu faktor yang mendorong adalah insentif yang diberikan kampus.

Perguruan tinggi sangat menghargai mahasiswanya yang aktif di dunia literasi. Jika ada tulisan mahasiswa yang terbit di media massa, pihak kampus memberikan penghargaan berupa insentif kepada penulis.

Baddrut saat itu merupakan salah satu mahasiswa yang langganan mendapat insentif tersebut. Tulisannya kerap dimuat di media massa. ”Sebagian dari hidup saya dibantu oleh kampus. Menulis mendapatkan insentif dan penghargaan dari kampus,” katanya, sebagaimana dilansir dari Radar Madura (30/1).

Karena itu, dia akan melakukan itu untuk mahasiswa dan pelajar Kota Gerbang Salam. Baddrut memberikan insentif bagi tulisan yang terbit di media massa. Tiap tulisan yang terbit di media massa bisa ditukar dengan insentif.

Bupati akan membaca langsung tulisan tersebut. Kemudian, bakal ditentukan nominal insentif yang akan diberikan kepada si penulis. ”Saya rasa pantas pemerintah memberikan penghargaan kepada mahasiswa dan pemuda yang menulis,” katanya.

Jebolan aktivis PMII Jawa Timur itu menyampaikan, tujuan program tersebut untuk menumbuhkan semangat membaca, diskusi, dan menulis. Target sasarannya adalah mahasiswa, pelajar, dan pemuda asli Pamekasan.

Jenis tulisan bebas. Opini, esai, hingga karya sastra seperti puisi akan mendapat insentif. Baddrut berharap, program tersebut dimanfaatkan dengan baik. Selain untuk mengeksplorasi kemampuan literasi, juga bisa mendapat royalti dari pemerintah. (mr/rm)