Pesantren Salafiyyah Al Munawir Semarang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP2
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Salafiyyah Al Munawir Semarang

Profil

Pondok Pesantren Salafiyyah Al Munawir merupakan pondok pesantren yang cukup besar di kota Semarang dengan menempati tanah wakaf seluas 1.500 m2. Pondok ini terletak di kelurahan Gemah kecamatan Pedurungan, kota Semarang. Tepatnya di Jalan KH. Munawir 13 Gemah, Pedurungan kota Semarang  50191,  Jawa Tengah dengan nomor telpon  (024) 6714638.

Pada mulanya pondok pesantren ini belum diberi nama secara pasti, tetapi masyarakat menamainya Pondok Pesantren Salafiyyah Al Munawir. Kata Al Munawir   diambil dari pendirinya, yaitu KH. Abdullah Munawir, sementara kata Salafiyyah adalah sistem pendidikannya yang menganut kaum salaf (ulama’ terdahulu/tradisional), yaitu mengkaji kitab-kitab kuning yang disusun ulama terdahulu.  

Akhirnya   pondok pesantren ini dinamakan Pondok Pesantren Salafiyyah Al Munawir hingga kini. Pondok pesantren Salafiyyah Al Munawir berkembang pesat  semenjak dipimpin oleh KH.  Abdusshomad karena beliau adalah sosok pribadi yang penuh semangat, berdedikasi tinggi dan berloyalitas tinggi yang dilandasi dengan keimanan yang kuat. Pada masa kepemimpinan beliau pula pondok pesantren Salafiyyah Al Munawir terdaftar dalam buku Departemen Agama RI, yaitu  dalam buku Nama dan Data Potensi Pesantren Seluruh Indonesia nomor  2533/Prop.8/Kab.8/1972.

Pendiri
KH. Abdullah Munawir

Pengasuh

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.