Belajar Membuat Tembikar dari Blitar

 
Belajar Membuat Tembikar dari Blitar

LADUNI.ID, Blitar - Banyak barang tembikar akan terlihat saat Anda memasuki Dusun Precet, Plumpungrejo, Kademangan, Blitar. Daerah ini dikenal oleh warga setempat sebagai Kampung Edukasi Gerabah atau Sekolah Gerabah.

Ketika Anda mengunjungi tempat ini, Anda akan menemukan banyak warga setempat membuat gerabah di halaman mereka. Ada banyak jenis tembikar mentah yang belum dibakar dan dipoles pada halaman mereka mulai dari yang tradisional hingga yang modern.

Mortar, alu, terakota, pot bunga, mangkuk, piala, patung, dan banyak lagi diproduksi di lokasi ini.

Menurut keterangan dari seorang pengrajin bernama Burhanudin, pelopor pembuatan tembikar di desa ini, dia memulai bisnisnya pada tahun 2014, idenya adalah untuk mempromosikan dan mendidik para pengunjung dengan beberapa keterampilan tembikar.

"Mereka dapat memilih untuk membuat tembikar atau melukisnya. Untuk beberapa yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang keterampilan tembikar, kami juga membuka kursus singkat tidak lebih dari seminggu untuk menjadi ahli pembuatan tembikar," tuturnya.

Banyak orang yang berkunjung ke sini, dari pelajar hingga turis telah mengunjungi Kampung Edukasi Gerabah Blitar. Sementara itu manajer terus mengeksplorasi dan mengatur Kampung menjadi turis ramah.