Hadis tentang Wudhu dan Keutamaannya

 
Hadis tentang Wudhu dan Keutamaannya
Sumber Gambar: Ilustrasi orang sedang berwudhu (foto istimewa)

Laduni.ID, Jakarta - Allah SWT menyukai hambanya yang selalu menjaga kebersihan, baik dalam lingkungan maupun kebersihan badan. Dengan demikian seorang muslim akan terhindar dari penyakit.

Cara menjaga kebersihan diri sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW, salah satunya dengan mandi dan berwudhu setiap akan melaksanakan ibadah shalat. Karena suci dari hadas dan najis termasuk syarat sahnya shalat.

Berwudhu, selain untuk membersihkan dari hadas dan najis juga dapat membersihkan dari dosa-dosanya seperti ketika dilahirkan, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW dari Utsman bin Affan

قال النبي صلى الله عليه وسلم: {مَنْ تَوَضَّأ للصَّلاةِ فأحْسَنَ الوُضُوءَ، ثُمَّ قَامَ إلى الصَّلاةِ فإنَّهُ يَخْرُجُ مِنْ خَطِيئَتِهِ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أمُّهُ}.

Nabi Shallallahu alaihi wasallam bersabda : “Barangsiapa berwudhu untuk sholat dan membaguskan wudhunya, kemudian mendirikan sholat, maka dia keluar dari dosa-dosanya seperti ketika dilahirkan ibunya”. (HR. Bukhari Muslim)

Selain itu, keutamaan berwudhu bagi seorang muslim sebelum tidur akan didoakan oleh malaikat. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadis riwayat Ibnu Hibban, dari Abdullah bin Umar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda.

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

Artinya: “Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa, ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena dia tidur dalam keadaan suci.”

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ نامَ عَلَى وُضُوءٍ فَأَدْرَكَهُ الموتُ في تلكَ الليلةِ فَهُوَ عِنْدَ الله شَهِيدٌ}.

Nabi Shallallahu alaihi wasallam bersabda : “Barang siapa tidur dalam keadaan wudhu, lalu meninggal pada malam itu, maka dia disisi Allah adalah syahid”. (Hadis Imam Suyuti dalam kitab Lubabul hadis)

وقال صلى الله عليه وسلم: {النَّائَمُ الطَّاهِرُ كَالصائِمِ القَائِمِ}

Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : “Orang tidur yang suci itu seperti orang puasa yang beribadah malam”. (HR. Imam Al-Hakim Al-Tirmidzi dari Umar bin Harits)

Wallahu A’lam Bishowab