Konsep Menu Berbuka Puasa Ramadhan Ala Abu MUDI

 
Konsep Menu Berbuka Puasa Ramadhan Ala Abu MUDI

LADUNI.ID, ACEH- Salah satu bulan yang paling di nantikan masyarakat muslim dan mempunyai banyak keberkahan dan kelebihannya, Syahrul Ramadhan namanya.

Bulan Ramadhan sebagai menahan diri dari hal yang di larang dalam agama baik yang berefek batal puasa atau menambah kualitas puasa itu sendiri.

Salah satu hal yang sering menjurus kepada hal kurang baik saat bulan Ramadhan dengan membeli penganan berbuka puasa ke pasar.

Menanggapi fenomena ini Al-Mukarram Abu MUDI memberi solusi untuk mengurangi atau menghindari untuk mengurangi banyaknya makanan saat berbuka.

"Kita saat bulan Ramadhan terkadang menu berbuka yang over dosis dan berbelanja makanan yang berlebihan, salah satu metodenya bermusyawarah dengan keluarga  membuat daftar menu berbuka perhari," kata mursyid tarekat Naqsyabandiah itu.

Ulama kharismatik itu menambahkan kita buat daftar menu dengan makanan yang sudah pasti, sehingga saat ke pasar tidak harus bertawaf mencari makanan yang berefek membeli banyak makanan.

"Saat kita sudah menentukan pilihan makanan berbuka setiap hari yang telah ditentukan keluarga dan sudah dipastikan menunya, itu saja dibeli," lanjutnya pendiri Tastafi itu.

Salah satu hal lain yang sering salah kaprah kebanyakan masyarakat membaca doa duluan dari berbuka. 

" Sebagian masyarakat masih ada duluan membaca doa allahumma lakasumtu... Ketimbang membuka duluan dengan mencicipi sedikit makanan atau minuman. Padahal yang dianjurkan berbuka dulu, kemudian berdoa," papar pimpinan Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga.