Ramalan Gus Miek tentang Gus Dur dan NU

 
Ramalan Gus Miek tentang Gus Dur dan NU
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Mantan Presiden RI ke-4, K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) memiliki hubungan yang akrab dan menaruh rasa ta’dzim yang besar kepada sosok ulama kharismatik asal Ploso, Kediri, KH. Hamim Tohari Djazuli yang akrab disapa Gus Miek.

Suatu hari Gus Miek pernah berkata kepada Gus Dur saat berada di beranda langgar area makam auliya Tambak Ngadi, Kediri, “Gus, sampean itu paku buminya NU. Kelak sepeninggal sampean, NU bakal kena fitnah.  Kata Gus Miek dengan ekspresi resahnya.

Simak juga: Kisah Gus Miek Saat Ditanya Gus Dur Tentang Kondisi Indonesia

“Kenapa bisa begitu Gus, apakah sudah tidak ada lagi para masyayikh yang menjaga NU?”  Tanya Gus Dur.

“Bukan karena itu, tapi itu disebabkan dunia sudah ada di atas kepala warga NU dan banyak orang bodoh yang mencabik NU”  Jawab Gus Miek.

Kemudian kedua tokoh besar NU itu berdoa dengan khusyu’ sambil sesekali sesenggukkan menahan tangis. Selesai berdoa, wajah Gus Miek sumringah sambil mengatakan: “fitnah itu hanya seumur jagung”. Mendengar itu Gus Dur kontan tertawa lepas.

Simak juga: Diagram Sanad Keilmuan Ulama NU dari Rasulullah sampai Hadratusy Syaikh Hasyim Asy'ari


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 28 Mei 2019. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

--------------------

Editor: Ahmad Syahroni