Pesantren Syekh Abdul Qodir Al-Jailani Kraksaan, Probolinggo

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP2
MA/SMA3 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Syekh Abdul Qodir Al-Jailani Kraksaan, Probolinggo

Profil
Pondok pesantren Syekh Abdul Qodir al-Jailani berada di desa Rangkang, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Kelahirannya berawal dari jamaah pengajian manakib Syekh Abdul Qodir al-Jailani yang dirintis oleh KH. Aminuddin. Istilah “manakiban” dikenal oleh masyarakat Rangkang sejak dulu, dan dilaksanakan oleh warga masyarakat yang dikumpulkan setiap bulan oleh KH. Aminuddin untuk membaca doa manakib. Bacaan manakib sendiri terdiri dari bacaan yang berisi pujian dan doa kepada Allah SWT. Tradisi tersebut kemudian dilanjutkan oleh putra beliau KH. Abdul Hafidz Aminuddin hingga saat ini. Dan di tangan KH. Abdul Hafidz Aminuddin kegiatan manakib mendapat dukungan yang lebih luas dari masyarakat melewati batas Kabupaten Probolinggo.

Pondok Pesantren Syekh Abdul Qodir ini pertama kali didirikan oleh KH. Abdul Hafidz  Aminuddin pada tahun 1989. Beliau adalah alumni Pon-Pes Tebuireng, Jombang, kemudian melanjutkan ke Pondok Salafiah Pasuruan. KH. Abdul Hafidz Aminuddin adalah seorang penghafal al-Qur’an (Hafidz). Dan sampai sekarang, beliau mengajar langsung santri-santri yang menghafalkan al-Qur’an, baik putra maupun putri.

Kegiatan pesantren diawali dengan pengajian mingguan manakib Syekh Abdul Qodir al-Jailani yang diikuti oleh santri dan masyarakat sekitar Probolinggo. Santri berdatangan dari seluruh desa di Kab. Probolinggo. Dalam kegiatan ini semua putera dan putri KH. Abdul Hafidz Aminuddin ikut berperan memajukan sarana dan prasarana pondok pesantren Syekh Abdul Qodir al-Jailani. Akhirnya, pondok ini berkembang pesat karena mendapat dukungan dari masyarakat.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.