Info Mudik 2019: Aplikasi dan Situs Rekomendasi Untuk Anda

 
Info Mudik 2019: Aplikasi dan Situs Rekomendasi Untuk Anda

LADUNI.ID, Kemacetan merupakan hal yang paling ingin hindari saat mudik lebaran. Mempunyai aplikasi yang membantu menemani perjalanan kita saat mudik untuk menghindari kemacetan adalah hal yang wajar di era digital ini. Apalagi dalam aplikasi tersebut terdapat berbagai fitur semisal mencari titik pengisian bahan bakar, mencari rest area terdekat, mencari keberadaan ATM terdekat, dan lainnya.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi atau situs mobile yang bisa membantu anda dalam perjalanan mudik:

1. Waze

Selain dapat menjadi penunjuk arah ke suatu tempat, aplikasi ini juga menyediakan fitur yang memperlihatkan kondisi kepadatan jalan raya. Waze membagi tingkat kepadatan jalan menjadi tiga, yaitu warna merah, jingga, dan hijau. Jika warna merah menyala sepanjang jalan tertentu, berarti kepadatan kendaraan di jalan tersebut begitu tinggi. Sementara itu, jika warna jingga yang menyala, maka jalan lumayan padat. Sedangkan, warna hijau menunjukkan jalan dalam keadaan lancar. Aplikasi juga dilengkapi suara navigasi yang dapat dinyalakan atau dimatikan. Suara navigasi akan memberikan peringatan sebelum pengemudi harus berbelok ke jalan tertentu. Adanya peringatan kepadatan jalan raya ini membuat Anda menyiapkan langkah antisipasi dengan mencari alternatif jalan lain dengan kepadatan yang tak begitu penuh. Aplikasi Waze kompatibel untuk seluruh smartphone baik android atau iOS.

2. Google Maps

Aplikasi Google Maps juga membantu penggunannya untuk mengetahui peta suatu wilayah tertentu. Tak hanya itu, aplikasi keluaran Google ini juga membantu kita menemukan lokasi ATM terdekat, pom bensin, tempat ibadah, tempat makan, dan lainnya. Dengan terintegrasinya aplikasi dengan Google Street View dan satelit, tentunya lebih memudahkan pengguna menemukan lokasi yang diinginkan. Apalagi, aplikasi juga dilengkapi fitur estimasi waktu tempuh ke lokasi yang dipilih tersebut. Google Maps dapat tetap berfungsi meskipun dalam mode offline atau tidak aktif internet.
Aplikasi ini juga dilengkapi suara navigasi yang selalu siap memberikan peringatan kepada pengemudi untuk berbelok, mengambil lajur tertentu, dan sebagainya. Navigasi yang diberikan termasuk pertimbangan mencapai lokasi dengan jalan yang lebih cepat atau menghindari kemacetan. Pengguna Android dan iOS dapat mengunduh aplikasi ini.

3. NTMC TV

NTMC POLRI TV menyajikan informasi tentang keadaan lalu lintas yang di-stream secara realtime dari CCTV pada Metro Area dan POLDA. Dengan adanya fasilitas tersebut, akan memberikan informasi sebagai bahan pertimbangan buat anda dalam memilih jalur yang akan dilalui menuju tempat tujuan anda. Dalam mobile tv apps ini anda juga dapat menikmati tayangan baik melalui VoD (Video on Demand) dengan cara memilih dan play video sesuai keinginan, menonton acara FTA TV kesukaan anda serta program acara dalam bentuk video yang tersusun dalam jadwal secara Linear maupun LIVE.

4. JMCARe

Aplikasi JMCARe memiliki dua fitur utama yang dapat dipilih oleh pengguna jalan, yaitu fitur notifikasi dan fitur informasi. Fitur notifikasi berbasis notification message yang berfungsi untuk memberikan informasi situasi lalu lintas di jalan tol secara real time kepada pengguna jalan yang memanfaatkan GPS pada ponsel pengguna jalan. Sedangkan pada fitur informasi, pengguna jalan dapat dengan mudah mendapatkan informasi seputar jalan tol sesuai kebutuhan melalui Jasa Marga Traffic Information Center (JMTIC) di nomor 14080 selama 24 jam penuh serta dilengkapi oleh streaming CCTV Jalan Tol Jasa Marga sesuai dengan lokasi pengguna jalan dan fitur Twitter. 

5. Situs infomudik.go.id

Situs milik pemerintah ini menyajikan menu-menu penting seperti jalur tol, informasi titik pengisian bahan bakar, dan lainnya. Terdapat pula menu mencari lokasi kuliner di daerah tertentu dan informasi wisata favorit di jalur mudik. Tips-tips mudik menggunakan berbagai moda transportasi juga disediakan di situs ini. Tak hanya itu, terdapat pula menu bernama "Pojok Anak" yang dapat dimanfaatkan mengunduh dongeng-dongeng nusantara.

Baca juga:

1. Rekomendasi Tempat Buka Puasa Bersama di Wilayah Malang

2. Rekomendasi Rencana Buka Bersama Waktu Mudik di Jalur Ngawi, Kertosono dan Mojokerto

3. Rekomendasi Tempat Berbuka Puasa Bersama di Wilayah Pasuruan