Lobby Tingkat Tinggi Gus Yahya: Muslim Indonesia Menantang Tradisi Islam yang Kejam

 
Lobby Tingkat Tinggi Gus Yahya: Muslim Indonesia Menantang Tradisi Islam yang Kejam

Lobby tingkat tinggi Gus Yahya Cholil Staquf kepada tokoh-tokoh kunci kelompok masyarakat dan bangsa-bangsa besar berpengaruh dalam upaya mewujudkan masyarakat global yang toleran terhadap perkembangan zaman, bebas dan damai, serta dinaungi oleh cahaya rahmat sebagaimana ajaran Islam yang membawa rahmat bagi seluruh alam.

Oleh: Keith Loveard (Jurnalis dan Analis Konflik Dunia Internasional)

Sebuah kampanye Indonesia sebagai usaha untuk mengubah cara Muslim dan seluruh dunia berpikir tentang agama mereka terus mengalami perkembangan positif, dipimpin oleh apa yang disebut kampanye sebagai "intervensi tingkat tinggi" di Eropa dan Amerika Serikat oleh Yahya Cholil Staquf, Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, organisasi Muslim terbesar di negara itu memiliki komitmen untuk mempromosikan bentuk Islam yang toleran.

Kesuksesan terakhir Gus Yahya, panggilan akrab Staquf, datang dengan platform bersama dengan elemen-elemen masyarakat sipil Inggris yang telah memperingatkan pemerintah Inggris untuk tidak mengadopsi definisi Islamofobia yang sangat bermasalah.

Dalam berkontribusi pada debat di tingkat tertinggi masyarakat Inggris tentang bagaimana seharusnya menangani masalah, Staquf mendapat pujian dari penulis laporan baru-baru ini - Sir John Jenkins, mantan duta besar Inggris untuk Arab Saudi; Trevor Phillips, mantan ketua Runnymede Trust; dan sejarawan Martyn Frampton.

Laporan, yang disebut "On Islamophobia" dan diproduksi oleh Think-tank Policy Exchange, menyimpulkan bahwa "pemerintah Inggris harus merangkul suara-suara yang bertekad untuk menantang kebencian kepada kedua hal, yaitu anti-Muslim dan ekstrimisme Islam. Mengakui sejauh mana kedua hal ini saling memberi umpan yang memperkuat satu sama lain, dan bersama-sama berdiri menentang keras ke masyarakat Inggris yang dinamis, bebas dan damai, dan contoh masyarakat multikultural yang sukses. "

Staquf telah aktif di tempat lain, berbicara dengan kelompok termasuk yang biasanya dianggap sayap kanan atau bahkan populis. Tujuannya - sejalan dengan posisi NU - adalah menciptakan masyarakat yang dinamis, bebas dan damai, dan mencapai masyarakat global yang multikultural.

Itu adalah tugas berat, dengan kefanatikan Negara Islam dan kelompok garis keras Islam lainnya di satu sisi dan pemerintah seperti yang dipimpin oleh Viktor Orban di Hongaria yang ingin menyatakan Eropa sebagai entitas Kristen yang eksklusif.

Dalam Islam itu sendiri, Staquf menegaskan bahwa akan sulit untuk mempengaruhi perubahan dalam agama yang tidak memiliki struktur hierarkis dan karenanya tidak memiliki otoritas tunggal. Tidak ada pemimpin tertinggi (layaknya Sri Paus) untuk menyatakan apa yang harus dipikirkan oleh umat muslim.

Para pengkampanye Negara Islam dan sekutunya bersikeras menuntut penciptaan kembali kekhalifahan, dan dengan itu seorang khalifah yang akan memainkan peran sebagai Paus, sebuah desakan yang dilihat oleh sebagian besar umat Islam sebagai hal yang tidak dapat diterima. Namun, hal yang sama yang tidak dapat diterima bagi banyak orang adalah argumen yang diajukan oleh Staquf dan sekutunya bahwa teks-teks Islam ortodoks harus diedit agar sejalan dengan nilai-nilai abad ke-21 yang menolak praktik-praktik seperti merajam orang berdosa sampai mati dan memenggal orang yang tidak percaya.

Dalam sebuah artikel di surat kabar Inggris The Telegraph, Staquf menjabarkan akar masalahnya: “Doktrin, tujuan, dan strategi jihadis dapat dilacak pada prinsip-prinsip spesifik ortodoks, Islam yang berwibawa, dan praktik historisnya. Ini termasuk bagian-bagian Syariah yang mempromosikan supremasi Islam, mendorong permusuhan terhadap non-Muslim dan membutuhkan pembentukan kekhalifahan. Unsur-unsur ini - yang masih diajarkan oleh sebagian besar institusi Sunni dan Syiah sebagai kelompok komunitas terbesar Islam- yang merupakan panggilan untuk konflik abadi. "

Laporan The Telegraph menyatakan bahwa Staquf mendesak politisi Barat untuk "berhenti berpura-pura bahwa ekstremisme dan terorisme tidak ada hubungannya dengan Islam. Ada hubungan yang jelas antara fundamentalisme, terorisme, dan asumsi dasar ortodoksi Islam. Barat harus berhenti menganggap setiap dan semua diskusi tentang masalah ini dengan Islamofobia. "

Dengan kata lain, hadapi kenyataan tentang apa yang salah dengan Islam, pil sulit bagi banyak Muslim untuk ditelan.

Ketegangan Islam yang toleran

Laporan tersebut mengutuk apa yang disebutnya "kampanye sistematis jangka panjang yang dilakukan oleh aliansi oportunis supremasi Islam, pemerintah otoriter Timur Tengah, aktivis politik dan politisi untuk mempersenjatai identitas keislaman dan mendorong komunitas Muslim untuk berpartisipasi dalam masyarakat yang sangat terpolarisasi dan meningkatnya perang budaya yang mematikan yang banyak berkeliaran di Barat. "

Ini adalah kekuatan yang Staquf dan sekutu-sekutunya coba untuk perjuangkan dalam apa yang sering tampak sebagai perjuangan sepihak yang mana di masa lalu diakuinya sebagai pertarungan kemungkinan tidak akan menang.

Dia termotivasi untuk bergabung dengan perjuangan ini karena tekanan terkait ketegangan dalam negeri Indonesia yang mayoritas kelompok Islam toleran tradisional. NU menyatakan bahwa "seperti banyak negara di Barat, Indonesia berada di bawah ancaman parah dari gerakan Islam transnasional yang berusaha untuk menghidupkan kembali prinsip-prinsip bermasalah dari pemahaman ortodoksi Islam yang memerintahkan supremasi agama dan menumbuhkan permusuhan terhadap non-Muslim."

Dalam pidatonya di Slovenia Desember lalu, Staquf menyampaikan dua alternatif ke depan. "Daripada mengadu satu kelompok identitas melawan kelompok yang lain, kami mendesak orang-orang dengan niat baik dari setiap agama dan bangsa untuk mencari landasan bersama atas dasar kemanusiaan kita bersama," katanya. “Alternatifnya tidak hanya pemecahan kesopanan di Barat dan melemahkan demokrasi liberal tetapi juga melepaskan permusuhan kesukuan yang tidak terlihat selama beberapa generasi di Eropa Tengah dan Eropa Barat, tetapi semua terlalu akrab bagi mereka yang mengikuti peristiwa di dunia Muslim, Afrika sub-Sahara, Myanmar, Xinjiang dan di garis patahan Balkan Eropa sendiri. ”

Dapat dikatakan bahwa pemilu Indonesia baru-baru ini menghasilkan kebangkitan lain dari "permusuhan kesukuan" yang sama antara para pendukung sekuler yang toleran Indonesia dan mereka yang menuntut keberlangsungan dendam lama sebagai bagian dari kekhalifahan.

Sekarang sudah menjadi salah satu kebiasaan utama bagi NU, yang dipimpin oleh tokoh-tokoh seperti Staquf dan Ahmad Mustofa Bisri, untuk melindungi tradisinya dari infiltrasi oleh kelompok garis keras di wilayahnya sendiri. NU juga melangkah lebih jauh - dengan dukungan dari organisasi LibForAll, sebuah gerakan yang didukung oleh dermawan Amerika Holland Taylor - dan membawa brand (merk) Islam yang rileks dan toleran ke seluruh dunia.

Intervensi Nahdlatul Ulama di negara-negara seperti Inggris merupakan bagian integral dari strategi gerakan Islam Kemanusiaan, menurut LibForAll. “Gerakan ini berupaya mengembalikan rahmah (cinta dan kasih sayang universal) ke tempat yang selayaknya sebagai pesan utama Islam, sementara memposisikan upaya-upaya ini dalam inisiatif yang lebih luas untuk menolak segala bentuk tirani, dan mendorong munculnya peradaban global yang diberkahi dengan karakter mulia. "

Pemerintah-pemerintah Barat mungkin disarankan untuk mempertimbangkan pesan-pesan yang dipromosikan oleh Staquf dan jajarannya di NU daripada mengadopsi kebijakan-kebijakan kecil yang mendorong permusuhan dan perpecahan.

 

Baca juga: Penjelasan Lengkap tentang Nahdlatul Ulama