5 Teungku Dayah MUDI Samalanga Magang Bahasa Inggris ke Kampung Inggris Pare

 
5 Teungku Dayah MUDI Samalanga Magang Bahasa Inggris ke Kampung Inggris Pare

LADUNI.ID, ACEH- Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga tahun ini mengirimkan lima dewan guru untuk mengikuti kegiatan magang Bahasa Arab dan Inggris ke Pare, Kediri, Jawa Timur.

Hal ini sebagaimana diungkapkan  Tgk. Munawir, M.Ag selaku ketua Lajnah Pengembangan Bahasan Asing (LPBA) Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga.

"Alhamdulillah, tahun ini MUDI Mesjid Raya Samalanga berhasil mengirimkan 5 orang dewan guru untuk belajar bahasa ke Pare, Kediri, Jawa Timur. Kegiatan magang ini berlangsung selama 3 bulan dan dilaksanakan ataskerjasama Dinas Pendidikan Dayah Aceh dengan 10 Dayah di Aceh". Katanya yang juga dosen IAI Al Aziziyah Samalanga, Sabtu, (20/7/2019).

Putra kelahiran Matang Glumpang Dua itu menambahkan, sebelumnya pada tanggal 12 Juni 2019, Dinas Pendidikan Dayah Aceh telah melaksanakan penandatanganan MOU dalam hal pengiriman peserta magang ke Pare tahun ini. 

"Tahun ini MUDI berkesempatan belajar bahasa Inggris sebanyak lima orang dewan guru. Sedangkan tahun kemarin hanya bahasa Arab satu orang. Dewan guru Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga yang mengikuti kegiatan bahasa Inggris tersebut adalah: Tgk. Fajar Maulana, Tgk. Faizin Nawarda, Tgk. Muhammad Fajar, Tgk. Khairul Walid, dan Tgk. Abdul Karim. Mereka merupakan pengurus Lajnah Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga.", lanjutnya tokoh muda enerjik dan aktif di berbagai kegiatan keagamaan itu.

Guru senior Dayah MUDI Samalanga itu menyebutkan kegiatan ini bertujuan untuk menimba ilmu di pulau Walisongo bidang bahasa Arab dan Inggris  dan nantinya diaplikasikannya di dayah masing-masing.

"Sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman teungku dayah dalam berbahasa Arab dan Inggris, sehingga nanti ilmu yang didapat di sana bisa diaplikasikan di dayah masing-masing," ulasnya yang juga Sekretaris LPPM IAI Al Aziziyah Samalanga