Dalil Keutamaan dan Petunjuk Lengkap Pelaksanaan Shalat Sunah Qabliyah Ashar

 
Dalil Keutamaan dan Petunjuk Lengkap Pelaksanaan Shalat Sunah Qabliyah Ashar
Sumber Gambar: Foto Rizki Yulian / Unspalsh (ilustrasi foto)

Laduni.ID, JakartaShalat sunah qabliyah ashar termasuk dalam shalat sunah Rawatib. Hal ini dijelaskan dalam kitab Fathul Mu'in karya Syekh Zainuddin Al-Malibary bahwa shalat ashar termasuk dalam shalat sunah rawatib yang dianjurkan dilaksanakan.

يسن للأخبار الصحيحة الثابتة في السنن أربع ركعات قبل عصر وأربع قبل ظهر وأربع بعده وركعتان بعد مغرب وندب وصلهما بالفرض ولا يفوت فضيلة الوصل بإتيانه قبلهما الذكر المأثور بعد المكتوبة وبعد عشاء ركعتان خفيفتان وقبلهما إن لم يشتغل بهما عن إجابة المؤذن فإن كان بين الأذان والإقامة ما يسعهما فعلهما وإلا أخرهما وركعتان قبل صبح

"Disunnahkan shalat sunah 4 raka'at sebelum shalat ashar, 4 raka'at sebelum dzuhur dan setelahnya, 2 raka'at setelah maghrib dan disunahkan menyambung 2 raka'at ba’diyah maghrib dengan shalat fardhu, dan tidak hilang keutamaan menyambung 2 raka'at ba’diyah maghrib sebab melakukan dzikir ma’tsur setelah shalat fardhu, kemudian setelah isya 2 raka'at yang ringan, begitu juga 2 raka'at sebelum shalat isya jika tidak sibuk menjawab azan. Apabila di antara azan dan iqamat ada waktu luang untuk mengerjakan 2 raka'at sebelum isya, maka dapat dikerjakan. Jika tidak, maka diakhirkan (setelah shalat isya), dan dua raka'at setelah subuh"

Kemudian dalam kitab Matan Taqrib karya Syekh Abu Syuja' menjelaskan tentang kesunahn shalat sunah qabliyah ashar sebagai berikut:

والسنن التابعة للفرائض سبعة عشر ركعة: ركعتا الفجر، وأربع قبل الظهر وركعتان بعده، وأربع قبل العصر، وركعتان بعد المغرب، ثلاثة بعد العشاء يوتر بواحدة منهن

"Sunah yang mengiri shalat fardhu ada 17 raka'at: dua raka'at sebelum shubuh, empat raka'at sebelum dzuhur dan dua raka'at setelahnya, empat raka'at sebelum ashar, dua raka'at setelah maghrib, dan tiga raka'at setelah isya dengan sekaligus witir satu raka'at"

Baca Juga: Dalil Keutamaan Shalat Sunah Qabliyah dan Ba’diyah Dzuhur

Namun menurut pandangan ulama madzhab Syafi'i hukum shalat sunah qabliyah ashar tidak termasuk dalam kategori sepuluh raka'at shalat sunah rawatib yang dihukumi sunah Muakkad. Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah SAW dari Ibnu Umar RA yang diriwaytkan oleh Imam Bukhari

عن ابن عمر رضي الله عنهما قال: حفظت من النبي صلى الله عليه و سلم عشر ركعات ركعتين قبل الظهر وركعتين بعدها وركعتين بعد المغرب في بيته وركعتين بعد العشاء في بيته وركعتين قبل صلاة الصبح

"Dari Ibnu Umar RA, ia berkata: Aku memelihara dari Nabi SAW sepuluh raka'at yaitu dua raka'at sebelum dzhuhur, dua raka'at setelahnya, dua raka'at setelah maghrib di rumahnya, dua raka'at setelah isya di rumahnya, dan dua raka'at sebelum shubuh"

Kemudian Syekh Zainuddin Al-Malibary dalam kitabnya Fathul Mu'in menyebutkan bahwa shalat sunah qabliyah ashar tidak termasuk dalam kategori sunah Muakkad.

والمؤكد من الرواتب عشر وهو ركعتان قبل صبح وظهر وبعده وبعد مغرب وعشاء

"Shalat-shalat rawatib yang muakkad ada 10 raka'at: 2 raka'at sebelum subuh, 2 raka'at sebelum dzuhur, 2 raka'at setelah dzuhur, 2 raka'at setelah maghrib dan 2 raka'at setelah isya"

Namun demikian meskipun shalat sunah qabliyah ashar hukumnya sunah yang Ghairu Muakkad, barang siapa yang melaksanakannya Insya Allah akan mendapatkan berbagai keutamaan dari melaksanakannya. Keutamaan tersebut adalah bahwa Allah akan merahmati bagi siapa saja yang melaksanakan shalat sunah qabliyah ashar. hal ini berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dan Imam Abu Dawud sebagai berikut:

رَحِمَ اللَّهُ امْرَأً صَلَّى قَبْلَ الْعَصْرِ أَرْبَعًا

"Allah SWT merahmati orang yang shalat empat raka'at sebelum Ashar"

Kemudian keutamaan lainnya adalah barang siapa yang melaksanakan shalat qabliyah ashar, maka akan dibangunkan sebuah rumah di surga. Hal ini berdasarkan sebuah hadits dari Ummu Habibah yang diriwayatkan oleh Imam Nasa'i berikut:

ثِنْتَا عَشْرَةَ رَكْعَةً مَنْ صَلَّاهُنَّ، بُنِيَ لَهُ بَيْتٌ فِي الْجَنَّةِ، أَرْبَعُ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ، وَرَكْعَتَانِ بَعْدَ الظُّهْرِ، وَرَكْعَتَانِ قَبْلَ الْعَصْرِ، وَرَكْعَتَانِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ، وَرَكْعَتَانِ قَبْلَ صَلَاةِ الصُّبْحِ

"Dua belas raka'at yang ditunaikan seseorang maka sebuah rumah di surga akan dibangunkan untuknya, yakni empat raka'at sebelum dhuhur, dua raka'at setelah dzuhur, dua raka'at sebelum ashar, dua raka'at setelah magrib, dan dua raka'at sebelum subuh"

Adapun jumlah raka'atnya ada yang meriwayatkan dua raka'at dan ada juga yang meriwayatkan empat raka'at sebagaimana hadits di atas. Namun maksud empat raka'at sebagaimana disebutkan di atas pengerjaannya adalah dua raka'at dua raka'at. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi berikut:

كان النبي صلى الله عليه وسلم يصلى قبل العصر أربع ركعات يفصل بينهن بالتسليم

"Nabi SAW melakukan shalat empat raka'at sebelum ashar dengan dua salam, (dua raka'at dua raka'at)"

Baca Juga: Petunjuk Lengkap Pelaksanaan Shalat Sunah Qabliyah dan Ba'diyah Dzuhur

Berikut ini adalah panduan lengkap pelaksanaan shalat sunah qabliyah ashar

1. Niat
Niat menjadi kunci yang sangat penting karena akan mempengaruhi kekusyukan dalam shalat. Niat diucapkan di dalam hati dan dilakukan bersamaan dengan takbiratul ihram yaitu pada waktu mengangkat kedua tangan dengan telapak tangan menghadap ke kiblat dan sejajar dengan telinga. Bila tidak memiliki udzur, maka harus berdiri tegak. Berikut niat shalat sunah qabliyah ashar

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الْعَصْرِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

"Aku niat mengerjakan shalat sunah sebelum Ashar 2 raka'at, menghadap Kiblat karena Allah Ta’ala"

2. Takbiratul Ihram
Takbiratul Ihram memiliki arti pernyataan takbir yang menjadi penanda pengharaman kita untuk berbuat apapun di luar gerakan dan bacaan shalat. Gerakan takbiratul ihram adalah dengan mengangkat kedua tangan seraya mengucapkan kalimat ألله أكبر yang dilafalkan tidak terlalu keras dan cukup didengar oleh telinga kita sendiri.

3. Membaca Do'a Iftitah
Doa iftitah berarti doa pembuka yang dibaca sebelum membaca surat Al-Fatihah. Adapun hukum membaca doa iftitah ini adalah sunah. Posisi tangan bersedekap di atas antara pusar dan dada yang mana tangan kanan di atas tangan kiri. Berikut ini doanya yang dibaca pelan (hanya terdengar oleh telinga kita).

اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا إِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ عَلَى مِلَّةِ إِبْرَاهِيْمَ حَنِيْفًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ

"Allah yang Maha Besar sebesar-besarnya, dan segala puji yang banyak hanya kepada Allah, dan maha Suci Allah baik di waktu pagi maupun petang. Sesungguhnya aku hadapkan diriku  kepada yang menciptakan seluruh langit dan bumi, dengan lurus mengikuti ajaran agama yang dibawa oleh Nabi Ibrahim As. dan aku bukanlah termasuk kelompok orang-orang yang menyekutukan Allah. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, matiku, hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya, dan dengan keyakinan itulah aku diperintahkan, dan saya termasuk ke dalam kelompok orang-orang yang berserah diri"

4. Membaca Surat Al-Fatihah
Membaca surat Al-Fatihah adalah bagian dari rukun shalat. Hukum membaca surat Al-Fatihah adalah wajib, sehingga bila tidak membacanya, maka shalat menjadi tidak sah atau batal.

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ . الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ . الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم . مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ . إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ . اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ . صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

"Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih dan maha penyayang. Segala puji bagi Allah, tuhan seluruh alam, yang maha pengasih, maha penyayang, pemilik hari pembalasan. Hanya kepada engkaulah kami menyembah dan hanya kepada engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) jalan orang-orang yang telah engkau beri nikmat kepadanya, bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat"

5. Membaca Surat dalam Al-Qur'an
Membaca surat dalam Al-Qur'an dalam shalat hukumnya sunah. Surat yang dipilih dapat berupa surat panjang, pendek, atau sebagian ayat dari suatu surat. Hal ini tergantung kepada kemampuan kita dalam membaca Al-Qur'an.

6. Ruku
Ruku' adalah posisi tubuh membentuk sudut siku 90 derajat dengan tangan bertumpu pada dengkul. Adapun bacaan ruku' yang dibaca pelan (hanya terdengar oleh telinga kita) adalah sebagai berikut:

سُبْحَانَ رَبِّيْ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ

"Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung dan Maha Suci dengan segala puji kepada-Nya"

7. I'tidal
I’tidal adalah gerakan kembali berdiri tegak setelah posisi ruku' dengan kondisi tangan lurus di samping paha, sehingga tidak bersedekap. Bacaan dalam i'tidal yang dibaca pelan (hanya terdengar oleh telinga kita) adalah sebagai berikut:

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

"Allah senantiasa mendengar kepada siapa yang memuji-Nya"

Kemudian setelah membaca bacaan di atas, dilanjutkan dengan membaca do'a berikut

رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ وَالشُّكْرُ حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ مِلْءُ السَّمَاوَاتِ وَمِلْءُ الْأَرْضِ وَمِلْءُ مَا بَيْنَهُمَا وَمِلْءُ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ

"Tuhanku, kepada Engkaulah segala pujian, segala kesyukuran, pujian yang banyak, baik, lagi berkah di dalamnya. Pujian dan kesyukuran itu memenuhi seluruh langit, seluruh bumi, diantara keduanya, dan memenuhi siapa saja yang Engkau kehendaki setelahnya"

Baca Juga: Dalil, Keutamaan dan Petunjuk Lengkap Shalat Rawatib

8. Sujud
Posisi sujud sebagaimana pada umumnya kita bersujud, di mana kedua tangan kita lurus di samping telinga kita. Dahi dan dengkul sejajar menyentuh lantai, sementara ujung-ujung kaki menghadap ke kiblat. Bacaan dalam sujud yang dibaca pelan (hanya terdengar oleh telinga kita) adalah sebagai berikut:

سُبْحَانَ رَبِّيْ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

"Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi dan Maha Suci"

9. Duduk Di Antara Dua Sujud
Posisi duduknya adalah tubuh tegak di mana jari kaki kiri lurus ke belakang (tidak menghadap ke kiblat) dan jari kaki kanan menghadap ke kiblat, sementara pantat bagian kiri bertumpu pada tumit kaki kiri. Posisi jari tangan memegangi dengkul. Posisi duduk seperti ini disebut duduk iftirasy. Perubahan posisi dari sujud ke posisi duduk di antara dua sujud diawali dengan mengucapkan takbir.
Adapun bacaanya yang dibaca pelan (hanya terdengar oleh telinga kita) adalah sebagai berikut:

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ

"Ya Tuhanku, ampunilah aku, kasihanilah aku, benarkanlah aku, angkatlah derajatku, karuniakanlah aku rezeki, sehatkanlah aku, dan maafkanlah aku"

10. Sujud
Posisi sujud dan bacaannya sama dengan sujud pada tahap ke-8. Perubahan posisi dari duduk di antara dua sujud ke posisi sujud diawali dengan mengucapkan takbir.

11. Bangun Berdiri Tegak
Bangun dan berdiri tegak untuk melanjutkan raka'at kedua. Posisi tubuh berdiri tegak kembali dengan diawali membaca takbir.

12. Mengulangi Gerakan Seperti Poin 4 s/d 10
Setelah berdiri tegak untuk raka'at berikutnya (kedua), lakukan gerakan dan bacaan sebagaimana pada poin 4 s/d 10.

13. Duduk Tasyahud Akhir
Posisi duduk tasyahud akhir yaitu pantat kiri bertumpu ke lantai, sementara pergelangan kaki kiri berada di antara dengkul dan ujung jari kaki kanan. Duduk semacam ini disebut dengan posisi duduk Tawaruk. Posisi duduk tasyahud akhir dilakukan setelah melakukan sujud kedua pada raka'at kedua. Posisi duduk tetap bertahan seperti duduk di antara dua sujud dengan membaca bacaan sebagai berikut:

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ. أَشْهدُ اَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّد كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمِ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمِ. وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كََمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمِ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمِ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

"Segala ucapan selamat, keberkahan, shalawat, dan kebaikan adalah bagi Allah. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi beserta rahmat Allah dan barakah-Nya. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan pula kepada kami dan kepada seluruh hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu adalah utusan Allah. Ya Allah aku sampai shalawat kepada junjungan kita Nabi Muhammad, serta kepada keluarganya. Sebagaimana Engkau sampaikan shalawat kepada Nabi Ibrahim As., serta kepada para keluarganya. Dan, berikanlah keberkahan kepada junjungan kita Nabi Muhammad, serta kepada keluarga. Sebagaimana, Engkau telah berkahi kepada junjungan kita Nabi Ibrahim, serta keberkahan yang dilimpahkan kepada keluarga Nabi Ibrahim. Di seluruh alam raya ini, Engkaulah Yang Maha Terpuji lagi Maha Mulia"

14. Mengucapkan Salam
Gerakan mengucapkan salam adalah dengan posisi tubuh dan duduk seperti pada poin ke-13, sementara jari telunjuk kanan kembali menutup. Selanjutnya kepala menoleh ke arah kanan sambil mengucapkan salam dianjurkan agar pipi terlihat jelas dari belakang, dilanjutkan dengan kepala menoleh ke kiri sambil mengucapkan salam.

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ 

"Semoga keselamatan dan rahmat Allah dilimpahkan kepadamu"

Semoga bermanfaat

Wallahu A'lam