Pengajaran Lebih Utama Daripada Ibadah Sunnah

 
Pengajaran Lebih Utama Daripada Ibadah Sunnah

LADUNI.ID - Dalam sebuah hadis (lemah) disebutkan:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، قَالَ: خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ مِنْ بَعْضِ حُجَرِهِ، فَدَخَلَ الْمَسْجِدَ، فَإِذَا هُوَ بِحَلْقَتَيْنِ، إِحْدَاهُمَا يَقْرَءُونَ الْقُرْآنَ، وَيَدْعُونَ اللَّهَ، وَالْأُخْرَى يَتَعَلَّمُونَ وَيُعَلِّمُونَ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «كُلٌّ عَلَى خَيْرٍ، هَؤُلَاءِ يَقْرَءُونَ الْقُرْآنَ، وَيَدْعُونَ اللَّهَ، فَإِنْ شَاءَ أَعْطَاهُمْ، وَإِنْ شَاءَ مَنَعَهُمْ، وَهَؤُلَاءِ يَتَعَلَّمُونَ وَيُعَلِّمُونَ، وَإِنَّمَا بُعِثْتُ مُعَلِّمًا» فَجَلَسَ مَعَهُمْ

"Dari Abdullah bin 'Amru ia berkata; Pada suatu hari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam keluar dari salah satu kamarnya dan masuk ke dalam masjid. Lalu beliau menjumpai dua halaqah, salah satunya sedang membaca Al Qur`an dan berdo'a kepada Allah, sedang yang lainnya melakukan proses belajar mengajar. Maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pun bersabda: "Masing-masing berada di atas kebaikan, mereka membaca Al Qur`an dan berdo`a kepada Allah, jika Allah menghendaki maka akan memberinya dan jika tidak menghendakinya maka tidak akan memberinya. Dan mereka sedang belajar, sementara diriku di utus sebagai pengajar," lalu beliau duduk bersama mereka. (HR. Ibnu Majah)

Dari sini bisa ditarik kesimpulan:

1. Apabila ada dua pilihan antara majlis ilmu dan majlis dzikir, maka sebaiknya memilih majlis ilmu sebab itu lebih utama. Namun apabila kira-kira hanya akan tertidur di majlis ilmu, maka sebaiknya ikut majlis dzikir saja.

2. Apabila memilih lembaga pendidikan untuk anak, maka sebaiknya memprioritaskan lembaga yang unggul dalam bidang ilmu daripada lembaga yang unggul dalam riyadlah. Kecuali kalau anaknya memang tak bakat di bidang ilmu, maka sebaiknya dilatih riyadlah.

Oleh: Abdul Wahab AHmad