Pesantren Putri Duta Aswaja Kudus

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Putri Duta Aswaja Kudus

PROFIL

Pondok pesantren Duta Aswaja secara geografis terletak di Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Lebih tepatnya Jl.Ngasinan No.05 Desa Purworejo Bae Kudus. Pondok ini terletak di lingkungan yang jarang terdapat Pondok pesantren, sehingga antusiasme masyarakat dan perhatian mereka begitu tinggi
terhadap Pondok pesantren Duta Aswaja. Pondok Pesantren Duta Aswaja hadir dengan formula pendidikan yang memadukan antara salaf dan kholaf.

Dan lebih tersentral pada pemahaman hadis dan al Qur’an khususnya bagi santri tingkatan wustho (SMP) yang mana mereka diwajibkan untuk mengikuti program Tahfidzul Qur’an. Metode pembelajaran di Pondok ini menggunakan proses pembelajaran yang integral melalui metode belajar-mengajar (dirasah wa ta’lim), serta pembiasaan perilaku luhur (ta’dib), aktivitas spiritual (riyadhah), juga teladan yang baik (uswah hasanah) yang
dipraktikkan atau dicontohkan oleh para ustadz, ustadzah, kyai, serta murobbi di lingkungan Pondok Pesantren Duta Aswaja.

Berdirinya Pondok pesantren Duta Aswaja dilatar belakangi oleh kebutuhan para orang tua kan keberadaan suatu lembaga non formal yang mengajarkan dan memperdalam kajian salaf dan pendidikan agama sebagai bekal utama sekaligus tameng kuat bagi generasi masa kini untuk menghadapi perkembangan zaman. Adanya Pondok ini juga memiliki niat untuk ikut eksis dan berkontribusi dalam membangun generasi muda yang Tafaqquh Fid Din khususnya dalam bidang al Qur’an.

Pondok Pesantren yang berdiri pada tahun 2015 ini, tetapi, diusia yang masih sangat muda ini Pondok Pesantren Duta Aswaja mampu melebarkan sayapnya hingga ke luar kota bahkan luar provinsi, dibuktikan dengan banyaknya santri yang berdatangan dari luar daerah seluruh indonesia.

Awalnya pesantren ini hanya diperuntukkan untuk siswa tingkat SMK yang bersekolah di SMK Duta Karya Kudus. Namun, seiring berjalannya waktu, Abah DR.KH.Muhammad Tho’at Muhtar sebagai pengurus Yayasan dan Pengasuh Pondok Pesantren Duta Aswaja memiliki keinginan untuk
mendirikan sekolah tingkatan SMP Takhassus Tahfidz Al Qur’an yang berada dibawah naungan Yayasan Duta Aswaja Kudus. Atas izin Allah, pada bulan November 2017 akhirnya berdirilah Sekolah Menengah Pertama Takhassus Tahfidz Al Qur’an yang diberi nama SMP Tahfidz Duta Aswaja.

Hingga kini jumlah santri tingkatan SMP sudah mencapai kurang lebih 190 santri dan untuk tingkatan SMK berjumlah kurang lebih 60 santri. Dan atas izin dan Rahmat Allah juga, yayasan sudah bisa memisah untuk asrama santri putra dan santri putri.

Pendiri dan Pengasuh
DR. KH. Muhammad Tho’at Muhtar

PENDIDIKAN

Pendidikan Formal
SMP Tahfidz Duta Aswaja

Pendidikan Non Formal
1. Tahfidzul Qur'an
2. Madrasah Diniyah

EKSTRAKUIRKULER

Pesantren Madani Tebuireng memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti para santri di antaranya :

  1. Tahfidzul Qur’an 
  2. Kajian Kitab kuning
  3. Tahlil
  4. Imamah
  5.  Khitobah
  6.  Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
  7. Seni Hadroh
  8. Kursus B. Arab dan B. Inggris
  9. Ketrampilan Hidup dan Wirausaha
  10. Pramuka
  11. PMR
  12. Paskibra
  13. Sepakbola
  14. Voli
  15. Basket


Hadrah di pesantren Duta Aswaja


Pramuka di pesantren Duta Aswaja

FASILITAS

Pesantren Duta Aswaja memiliki fasilitas meliputi:
1. Masjid
2. Asrama Putra dan putri terpisah
3. Gedung Sekolah
3. Aula
4. Perpustakaan
5. Kantor
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Dapur
11. Sarana alat olahraga
12. Kantin
13. Poskestren
14. MCK
15. Sanitasi
16. Lapangan


Laboratorium komputer di pesantren Duta Aswaja



Ruang kelas yang reprentative di pesantren Duta Aswaja

ALAMAT

Jalan Ngasinan no.5 Purworejo, Bae Kudus, Jawa Tengah
Telepon    : (0291) 436-437
Kode Pos : 59326

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.