Safari Ziarah dan Berdoa di Makam KH Nafi’ Abdillah Pati

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Safari Ziarah dan Berdoa di Makam KH Nafi’ Abdillah Pati

Sekilas Biografi

 KH Nafi’ Abdillah adalah Ulama tawadlu’, rendah hati, Istiqomah. Beliau sosok yang tidak ingin menonjolkan diri. Jarang beliau berkenan memberikan mauidhah hasanah di depan panggung, kecuali dalam momentum tertentu, seperti haul Masyayikh PIM yang biasa digelar akhir tahun oleh Keluarga Mathaliul Falah (KMF) sebagai organisasi alumni PIM.

Dengan nada guyon, beliau sering mengatakan kepada para tamu, bahwa pondok Mathaliul Huda (PMH Pusat) bukan pondok beliau. Hal ini mencerminkan kerendah hatian beliau dalam bertutur sapa dan bersikap.

KH Nafi’ Abdillah merupakan putra dari KH Abdullah Salam dari Kajen, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah. Kiai Nafi’ adalah alumni Pesantren Sarang, Rembang yang waktu itu masih diasuh oleh Kyai Zubair, ayahanda KH Maimoen Zubair.

Kakeknya KH Abdussalam adalah pendiri Perguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM) Kajen yang dulu dikenal dengan Sekolah Arab. Bapaknya KH Abdullah Zen Salam adalah penerus estafet kepemimpinan Perguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM) setelah KH Mahfudh Salam, ayahanda KH Sahal Mahfudh.

KH. Ahmad Nafi’ Abdillah pernah menjadi pengurus PCNU Pati dan saat itu beliau aktif ngantor (masuk kantor) untuk menjalankan amanah tersebut. Sampai akhir hayatnya, KH. Ahmad Nafi’ Abdillah menjadi Mustasyar PCNU Pati sebagai sesepuh yang bertugas membimbing pengurus NU supaya berada di jalan yang benar. Sebuah keteladan Sang Kiai kepada kader-kader muda supaya serius mengurus NU dalam rangka khidmah kepada ulama dan umat.

KH Ahmad Nafi' Abdillah Kajen, Pati, Jawa Tengah dipanggil Yang Maha Kuasa. Menurut keluarga, beliau wafat di Turki pada hari ahad, 22 Jumadil Ula 1438 H/19 Februari 2017.
 

Lokasi Makam

Makam KH Nafi’ Abdillah Pati berada di kompleks makam keluarga Ponpes Mathaliul Huda (PMH) Pusat Pusat, Kajen, Margoyoso, Pati, Jateng.