Konsultasi Siap Nikah: Mau Menikah Malah Berantem Terus, Gimana Donk?

 
Konsultasi Siap Nikah: Mau Menikah Malah Berantem Terus, Gimana Donk?

Assalamu’alaikum wr wb.
Halo mbak Nur, saya Keisha 24 tahun. Saya dua bulan lagi akan menikah, tapi akhir – akhir ini kami malah sering berantem karena hal – hal yang sepele. Saya ingin semuanya detail dan sempurna karena ini adalah momen yang sangat berarti dalam hidup kami, sedangkan dia inginnya yang simple.

Emosi kami kadang tidak terkontrol, apalagi komunikasi kami juga terhambat karena kami sama – sama bekerja, sehingga masalah menjadi berlarut dan tidak terselesaikan. Terkadang saya cemas kalau pernikahan kami batal karena masalah sepele. Sebaiknya apa yang harus kami lakukan ya mbak ?
Terima kasih atas tanggapannya.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Keisha di Surakarta

Tanggapan :

Wa’alaikumsalam wr wb.
Hai Keisha yang sedang sibuk mempersiapkan hari bahagiamu dan pasangan. Bertengkar dengan pasangan menjelang hari – H pernikahan sering dialami banyak pasangan. Akibatnya banyak yang merasa ragu-ragu untuk melanjutkan rencana pernikahan. Keisha sayang, sesama saudara yang sedarah saja kita sering bertengkar apalagi dengan pasangan yang ketemunya sudah sama – sama dewasa.

Permasalahan menjelang pernikahan seringkali dipicu oleh beberapa hal, misalnya adat yang hendak dipakai dalam acara resepsi, budget, merasa sendirian mengurusi pernikahan, dan lain-lain.
Shahabat Anas bin Malik radhiyallaahu ‘anhu berkata: “Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang artinya  : “Barangsiapa menikah, maka ia telah melengkapi separuh imannya. Dan hendaklah ia bertaqwa kepada Allah dalam memelihara yang separuhnya lagi.”. Nah, pahamilah bahwa menikah itu melengkapi separuh imannya dan merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah.

Pernikahan adalah fitrah manusia, oleh karena itu Islam menganjurkan untuk menikah karena nikah merupakan gharizah insaniyyah (naluri kemanusiaan). Apabila gharizah (naluri) ini tidak dipenuhi dengan jalan yang sah dan baik, yaitu pernikahan, maka ia akan mencari jalan-jalan syaitan yang menjerumuskan manusia ke lembah hitam.
Jadi apabila kita menemui cobaan sebelum menikah, anggaplah itu ujian dari Allah. Pelajari tips – tips berikut yuk agar terhindar dari pertengkaran dengan calon pasangan :
1.    Kembalikanlah niat kita menikah untuk beribadah kepada Allah dan memohon pertolongan hanya kepada Allah. Berdoa dan bertawakallah pada Allah.
2.    Segala perencanaan pernikahan dapat diselesaikan bersama – sama dengan berdiskusi. Berbagilah tugas dengan pasanganmu sehingga kamu tidak merasa sendirian dalam mempersiapkan pernikahan. Kamu juga bisa meminta pertolongan saudara atau sahabat dekatmu untuk hal – hal tertentu.
3.    Sesuaikan resepsimu dengan budget yang tersedia, sehingga tidak membebani kalian.
4.    Diskusikan juga dengan kedua orang tuamu tentang persiapan pernikahan, pertimbangkan masukan dari orang tua. Apabila masukan dari orang tua tidak sesuai, berikan respon yang baik dan berikan pengertian pada orang tua dengan bahasa yang santun.
5.    Sadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna, begitupun dengan calon pasanganmu. Ketika kamu sudah memutuskan untuk menikah dengan seseorang, berarti kamu telah siap untuk menerima segala kelebihan dan kekurangannya.
6.    Bersyukur
Bersyukur merupakan cara yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah apapun. Ambil hikmah dari setiap kejadian. Bersyukur dan menyadari bahwa masih banyak orang yang memiliki masalah lebih berat membuat beban kita terasa lebih ringan.

Semoga Allah memberikan petunjuk dan kemudahan dalam setiap perjalanan hidup kita.


Wassalamu’alaikum wr wb.
Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun