Kisah Kiai Bakhiet Tamatkan Enam Kitab di Pengajian Guru Sekumpul

 
Kisah Kiai Bakhiet Tamatkan Enam Kitab di Pengajian Guru Sekumpul

LADUNI.ID, Jakarta - Suatu hari, entah beberapa tahun yang lalu, saya alfaqir sedang bercakap-cakap dengan Ayahda Pengasuh Nurul Muhibbin Barabai- Balangan, yaitu KH Muhammad Bakhiet AM.

Beliau bercerita pada waktu dahulu sewaktu Guru Sekumpul membuka pengajian di Kraton Martapura. Ayahda Guru Bakhiet sempat mengaji dengan Abah Guru Sekumpul dan menamatkan sebanyak enam biji kitab dengan Abah Guru. Berangkat ke pengajian dengan mengendarai sepeda merek Phoniex.

Pada suatu hari, ayahda Guru Bakhiet juga bersilaturahmi ke rumah Abah Guru Sekumpul. Abah Guru bertanya kepada Ayahda Guru Bakhiet, “Apa amalan yang ayahmu berikan?”

Beliau pun menjawab, “Yaitu amalan dari Imam al- Ghazali rhm.”

"Sama denganku waktu dahulu," kata Abah Guru Sekumpul.

Kemudian ayahda melihat salah seorang khoddam Abah Guru bernama Syahdi yang sekarang mungkin berganti nama. Salah seorang yang pernah mondok di Pesantren Nurul Muhibbin Barabai dengan duduk seperti orang tahayyat akhir melayani beliau di rumah Abah Guru Sekumpul.

Abah Guru banyak memberikan kitab-kitab kepada ayahda Guru Bakhiet. Kemudian kitab itu dibuat di dalam mobil Kijang oleh sopir yang bernama H. Bani orang Ilung.

Suatu waktu, cerita ayahda guru, aku pergi ke tempat Guru Sekumpul bersama Haji Nanang Kandangan dan diterima Abah Guru Sekumpul di mihrab Arraudah dan dibikinkan kopi oleh abang yang jaga kubah di Ar-Raudhah sekarang ini. Lupa “ulun” (saya) namanya.

Abah Guru Sekumpul sewaktu pengajian pernah bercerita bahwa, orang yang setiap malamnya bermimpi dengan Baginda Rasulullah SAW adalah Tuan Guru KH Ahmad Mugnie Barabai. Orang tua dari ayahda Guru Bakhiet.

Semoga berkah haul sekumpul

Semoga berkah Abah Guru Sekumpul

Berkah para wali dan alim ulama dan orang sholeh

Nyaman hidup kita

Lancar usaha kita

Berkah umur kita

Selamat dan bahagia kita dunia Akhirat

Aamiin

(Hasbullah bin Muhammad Thohir)