Keutamaan Puasa dan Shalat Taraweh di Hari Pertama Ramadhan

 
Keutamaan Puasa dan Shalat Taraweh di Hari Pertama Ramadhan

LADUNI.ID, Jakarta - Hadirnya bulan Ramadhan, memberikan banyak keutamaan dan keistimewaan bagi umat muslim di seluruh dunia. Bahkan, keutamaan dan keistimewaan tersebut bisa diketahui pada tiap-tiap hari selama Bulan Ramadhan. Tidak terkecuali keutamaan di hari pertama bulan Ramadhan.

Sebagaimana dikutip dari Kitab “Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah”, tentang keutamaan bulan Ramadhan, keutamaan puasa di hari pertama adalah, pada awal malam Ramadhan Allah SWT mengampuni semua dosa yang tersembunyi dan yang terang-terangan, meninggikan beribu-ribu derajat, membangunkan untuk kalian lima puluh ribu kota di surga.

Sedangkan untuk salat tarawih, Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama Kabupaten Garut, KH Lukmanul Hakim melansir dari kitab Durrotun Nasihin, Nabi Muhammad bersabda yang diriwayatkan Ali bin Abi Tholib mengatakan, banyak sekali hikmah salat tarawih yang dilaksanakan tanggal 1 hingga 30 Ramadan tersebut.

Sementara itu, pada malam pertama tarawih, orang mukmin keluar dari dosanya pada malam pertama, seperti saat dia dilahirkan oleh ibunya. Itulah keutamaan, puasa dan tarawih di hari pertama Ramadan, sebagaimana dikutip Laduni.id dari laman bangka.tribunnews.com, Kamis (23/4).

Sementara itu, dikutip dari kumpulan doa, berikut adalah doa yang baik dipanjatkan di hari pertama puasa:

Allâhummaj’al shiyâmî fîhi shiyâmash shâimîn, wa qiyâmî fîhi qiyâmal qâimîn, wa nabbihnî fîhi ‘an nawmatil ghâfilîn, wa hablî jurmî fîhi yâ Ilâhal ‘âlamîn, wa’fu ‘annî yâ ‘âfiyan ‘anil mujrimîn.

Artinya: Ya Allah, jadikan puasaku di bulan ini sebagai puasa orang-orang yang berpuasa sebenarnya, shalat malamku di dalamnya sebagai orang yang shalat malam sebenarnya, bangunkan daku di dalamnya dari tidurnya orang-orang yang lalai. Bebaskan aku dari dosa-dosaku wahai Tuhan semesta alam. Maafkan aku wahai Yang Memberi ampunan kepada orang-orang yang berbuat dosa."