Ziarah di Makam Nyai Hj. Umroh Mahfudzoh Sleman, Pelopor Berdirinya IPPNU

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Nyai Hj. Umroh Mahfudzoh Sleman, Pelopor Berdirinya IPPNU

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Nyai Hj. Umroh Mahfudzoh adalah ulama NU (Nahdlatul Ulama) wanita yang gigih memperjuangkan berdirinya IPPNU, selain itu beliau juga perintis dan pengasuh Pondok Pesantren Sunni Darussalam (PPSD), Sleman, Yogyakarta.

Nyai Hj. Umroh Mahfudzoh adalah istri  Prof. Dr. KH. M. Tholchah Mansoer seorang ulama NU juga pendiri IPNU yang mewarnai perjuangan NU dalam menegakkan ajaran Ahlussunnah wal Jama’ah an Nahdliyah di kalangan pelajar Islam di Indonesia.

Profil

Nyai Hj. Umroh Mahfudzoh lahir di Kabupaten Gresik pada 4 Februari 1936 M dari pasangan KH. Wahib Wahab, Menteri Agama ke-7 yaitu pada 1958 – 1962 dan Hj Siti Channah. Beliau adalah cucu dari KH. Abdul Wahab Chasbullah (pendiri NU dan Rais Aam PBNU 1946 – 1971). Sebagai cucu pendiri NU, masa kecil Umroh banyak dilalui di pesantren, khususnya pada masa liburan yang banyak dihabiskan di Pesantren Tambakberas, Jombang, tanah kelahiran sang ayah.
 

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi Nyai Hj. Umroh Mahfudzoh 

Lokasi Makam
Almarhumah dimakamkan sekitar pukul 15.30 WIB di pemakaman dekat kediaman Komplek Pondok Pesantren Sunni Darussalam, Tempelsari, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani
1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah
Makam Nyai Hj. Umroh Mahfudzoh banyak dikunjungi para peziarah banyak kalangan dari para santri, pelajar, dan mahasiswa, tidak sedikit pula peziarah dari para ibu-ibu. Peziarah tidak hanya datang dari wilayah Yogyakarta saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang makamnya berada di dekat dengan Komplek Pondok Pesantren Sunni Darussalam, Tempelsari, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Ada keyakinan dari peziarah yang datang ke sana bahwa dengan berziarah dan berdoa di makam Nyai Hj. Umroh Mahfudzoh, maka segala hajat pasti akan terkabul. Dengan berdoa kepada Allah dengan bertawassul melalui beliau, maka akan diberi kemudahan dalam mencari ilmu, diberi kemudahan dalam mencari rezeki yang barokah, diberi kemudahan keturunan anak yang sholeh dan sholehah.

Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Yogyakarta di antaranya:
Gudeg, Bakpia, Yangko, Geplak, Tiwul, Peyek belut, Peyek Tumpuk, Wedang Uwuh.