Wisata Rohani dan Bertawassul di Makam KH. Marzuqi Dahlan Lirboyo

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Wisata Rohani dan Bertawassul di Makam KH. Marzuqi Dahlan Lirboyo

Sekilas Biografi

KH. Marzuqi Dahlan beliau adalah pengasuh pesantren Lirboyo Kediri, adalah salah satu pesantren tertua di pulau Jawa. Terlahir pada tahun 1906 M, dari pasangan KH. Dahlan dan Nyai Artimah di desa Banjarmelati, Kota Kediri.  

Beliau adalah sosok sederhana dan sangat bersahaja, hal ini terbukti dari penampilan beliau sehari-hari yang jauh dari kesan mewah dan perlente. 

Di bawah pengawasan langsung kakeknya (KH. Sholeh Banjarmelati) Gus Zuqi kecil menerima pengajaran dasar-dasar Islam seperti aqidah, tajwid, fiqh ubudiyah, dll. 

Di usia muda Gus Juqi mulai berkelana menuntut ilmu di berbagai pondok pesantren diantaranya:

  1. Pondok Pesantren Lirboyo, di bawah asuhan KH Abdul Karim yang merupakan pamannya
  2. Pondok pesantren Tebu Ireng dibawah asuhan Hadlratus Syaikh KH. Hasyim Asy’ari
  3. Pondok pesantren Mojosari Nganjuk, asuhan KH. Zainuddin
  4. Pondok Pesantren Bendo Pare asuhan Kyai Khozin, beliau mondok di Pare hingga berusia 20-an tahun. 
  5. Pulang kampung menimba ilmu di pesantren Jampes  Kediri dengan dibawah pengasuhan kakaknya KH. Ihsan Jampes 

KH Marzuqi Dahlan menikah dengan Nyai Maryam binti KH Abdul Karim dan berdomisili di Lirboyo tahun 1936 M. Pada tahun 1961 M, Nyai Maryam berpulang ke Rahmatullah, meninggalkan beliau untuk selama-lamannya. Namun untuk menghapus kedukaan yang berlarut-larut, keluarga menikahkan KH. Marzuqi Dahlan dengan Nyai Qomariyah yang tak lain adalah adik bungsu Nyai Maryam.

Pada Tahun 1973 M beliau menunaikan Ibadah haji. Dua tahun setelah menunaikan ibadah haji, kondisinya mulai terganggu, sebab usia beliau memang sudah sepuh. Namun meski demikian, semangat beliau untuk memimpin Pesanten Lirboyo tetap terjaga, hingga pada bulan syawal pada tahun 1975, beliau jatuh sakit dan harus dirawat di RS. Bayangkara, Kediri.

Dua minggu lamanya beliau dirawat. Karena tidak ada perubahan yang menggembirakan, akhirnya keluarga memutuskan untuk membawa pulang KH. Marzuqi Dahlan ke kediaman beliau, hingga pada hari Senin Tanggal 18 Nopember 1975 M beliau dipanggil sang pencipta, dihadapan keluarga dan para santri yang sangat mencintainya.

Lokasi Makam KH. Marzuqi Dahlan Lirboyo

Makam KH. Marzuqi Dahlan Lirboyo berada di komplek para auliya pengasuh pesantren Lirboyo di belakang masjid Lirboyo.