Bagaimana Cara Melupakan Kenangan Masa Lalu?

 
Bagaimana Cara Melupakan Kenangan Masa Lalu?

LADUNI.ID, Jakarta - Melupakan kejadian dan peristiwa yang sangat membekas di hati dan ingatan, sungguh merupakan sesuatu yang amat sulit. Melupakan adalah pekerjaan yang melelahkan karena membutuhkan waktu yang sangat lama dan dengan upaya yang juga luar biasa. Meski melupakan adalah sesuatu yang mustahil, tetapi paling tidak kita bisa merengkuh kebahagiaan di masa yang akan datang.

Hal yang paling sering dialami adalah kesulitan untuk melupakan hubungan asmara yang terjadi di masa lalu tetapi kandas karena berbagai faktor dan alasan. Pertanyaannya, bagaimana cara kita agar bisa melupakan masa lalu yang dirasa sangat membahagiakan tetapi pada akhirnya berubah menjadi penderitaan karena kebahagiaan itu tidak lagi kita rasakan?

KH Buya Syakur Yasin dalam sebuah ceramahnya menjelaskan bahwa, apapun peristiwa yang sangat penting dalam hidup kita, baik itu dalam hal bermasyarakat, bernegara, atau dalam kehidupan pribadi jika itu penting, maka akan selalu dirayakan.

Salah satu contohnya adalah hari kelahiran Nabi, hari kemerdekaan Republik Indonesia, hari lahir Pancasila, hari santri, hari Kartini dan berbagai peristiwa penting akan selalu dirayakan ulang tahunnya. Nah, untuk melupakan kekasih yang dulu sangat dicintainya, dan betapa sakit hatinya seorang perempuan yang ditinggal oleh kekasihnya kawin dengan perempuan lain.

“Anda laki-laki mungkin tidak bisa merasakannya. Saya bisa merasakan karena saya ahli psikologi perempuan,” canda Buya Syakur disambut tawa jamaah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN