Cinta Berakhir karena tidak Bisa Memahami Pasangan, Apa yang Harus Kulakukan?

 
Cinta Berakhir karena tidak Bisa Memahami Pasangan, Apa yang Harus Kulakukan?

Assalamu’alaikum wr wb.
Mbak Nur, saya I, usia saya 23 tahun. Saat ini saya sedang stress karena hubungan cinta saya tidak pernah berakhir bahagia. Selalu putus di jalan, kalaupun nyambung lagi, namun akhirnya putus lagi. Saya sudah berusaha introspeksi mengenai penyebab saya sering putus cinta. Saya pun menyadari permasalahannya adalah pada diri saya yang tidak bisa memahami pasangan dengan baik sehingga memicu pertengkaran di antara kami. Saya sangat ingin memperbaiki diri saya. Tolong dong mba, beri saya saran agar dapat lebih pasangan. Sebelumnya saya sampaikan terima kasih.
Wassalamu’alaikum wr wb.

I di Semarang  

 
Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb.
Hai I yang saat ini sedang gundah gulana, semoga setelah membaca tanggapan dari mbak Nur ini bisa membantumu untuk memperbaiki diri sehingga bisa lebih memahami orang lain terutama pasanganmu ya. I yang baik, manusia memiliki beragam pemikiran dan kepribadian oleh sebab itu mereka memiliki pendapat yang berbeda – beda sesuai sudut pandang mereka. Hal inilah yang terkadang memicu timbulnya konflik atau pertikaian. Memahami orang lain terutama pasangan memerlukan komunikasi yang baik dan juga penerimaan terhadap kelebihan dan kekurangan masing – masing. Nah, berikut ini mbak Nur akan urai satu persatu tips untuk memahami orang lain yang bisa kamu terapkan juga untuk pasanganmu. Simak yuk.

1. Pahami sudut pandang
Kita harus menyadari bahwa pasangan kita adalah orang yang sama sekali berbeda dengan kita, baik pemikiran maupun kepribadiannya. Sebelum memulai perdebatan, sebaiknya posisikan dirimu di posisinya, hal ini akan memudahkanmu memahami pasangan.

2. Perhatikan gerak tubuhnya
Manusia diberi kelebihan akal oleh Allah yang membuat kita mampu memahami bahasa tubuh orang lain. Contohnya ketika pasangan terlihat sedang kesal atau badmood, kita jangan mencari – cari masalah dengan membahas sesuatu yang justru memancing pertikaian.

3. Fokus pada tema pembicaraan
Saat sedang berbincang cobalah fokus pada tema pembicaraan, hal ini akan membuat kita memahami pandangannya tentang sesuatu hal dan mengetahui karakternya yang sebenarnya.

4. Lawan bicara tidak bisa membaca pikiranmu
Hal penting yang sering kita lupakan adalah bahwa lawan bicara kita tidak bisa membaca pikiran kita. Sering terjadi terutama pada wanita di mana ia ingin pasangan mengetahui apa yang ada dalam pikirannya tanpa mengutarakannya.

5. Jadilah pendengar yang baik
Menjadi pendengar yang baik saat pasangan sedang bercerita tentang teman – temannya, hobi, atau permasalahan yang sedang dihadapinya adalah salah satu cara untuk memahaminya. Mungkin terdengar sepele, namun tidak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik. Selama ini bagaimana kamu menghadapi curhatannya ? Sabar, bosan, atau malas ? Ingat ya bahasa tubuh kita pun bisa terbaca olehnya.

6. Husnudzon atau berprasangka baik
Kita harus selalu berprasangka baik pada pasangan kita, karena prasangka atau bahkan menuduh yang tidak baik akan menimbulkan penilaian yang subjektif. Hal inilah yang sering menimbulkan pertikaian karena tidak adanya kepercayaan satu sama lain.
Semoga bermanfaat ya.


Wassalamu’alaikum wr wb.
Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun