Panti Asuhan Zuhriyyah Sleman

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Panti Asuhan Zuhriyyah Sleman

Profil
Sesuai amanah Alm H.Moh.DjamhuriBin H.Moh Fadhil keinginanannya mendirikan Pondok Pesantren di daerah kelahiran beliau di Rejodani, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta, agar di daerah tersebut seperti suasana pada zaman beliau masih muda di daerah tersebut kegiatan keagamaan berupa Pesantren yang cukup makmur, tetapi pada zaman beliau sudah tua kegiatan tersebut mulai surut dan keinginan tersebut belum dapat teralisasi sampai wafat, maka para ahli waris beliau merealisasikan amanah tersebut dengan mendirikan Panti Asuhan dan Pondok Pesantren yang berwawasan islami.

Kemudian pada tahun 2000 didirikan Yayasan Fadhilatul Djamhuriyah yang berorganisasikan anggota keluarga Bani Djamhuri. Pada tahun 2000 itu juga Yayasan Fadhilatul Djamhuriyah mewakafkan tanah untuk mendirikan Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Zuhriyyah yang di Asuh dan dikelola oleh Ibu Ustajah Dra. Hj. Syamsiyah, M. Pd. I. Yang sekaligus cucu mantu dari Alm.H.Moh.Djamhoeri. Pada tahun 2001 PAPP ZUHRIYAH telah terdaftar di Kementrian Sosial dan Kementrian Agama sampai saat ini, dan sudah beberapa kali menjadi juara I lomba kebersihan Pondok Pesantren se Kabupaten Sleman dan D.I.Yogyakarta .

Panti Asuhan Zuhriyah adalah Panti Asuhan yang menjadi Panti Asuhan yang mengakomodir atau menerima semua lapisan Anggota Masyarakat Indonesia artinya siapa saja Rakyat Indonesia yg berminat untuk menjadi Anggota Panti Asuhan Zuhriyah dengan cara mendaftarkan sebagai anggota dan dikirim melalui email: pantiasuhanzuhriyah@gmail.com
Pengasuh 
Dra. Hj. Syamsiyah, M. Pd.I

Visi dan Misi
a. Visi
Beriman, berilmu, beramal shaleh, dan sejahtera menuju kehidupan masyarakat mandiri
b. Misi
1) Pengembangan informasi, konsultasi, dan layanan kesejahteraan sosial anak secara profesional.
2) Melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah, ormas, LSM, dan masyarakt luas, dalam masalah kesejahteraan sosial.
3) Sebagai institusi dakwah Islamiyah.

Kegiatan-kegiatan
1. Pengajian Diniyah
Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari mulai dari pukul 04.00 pagi hingga pukul 09.00 malam, adapun kitab-kitab yang dikaji adalah kitab-kitab yang berisi tentang fiqih atau syariah, tauhid, bahasa, akhlaq, tasawuf, dan lain-lain.
2. Pengajian umum
Kegiatan ini dilaksanakan tiap hari Jumat dengan melibatkan masyarakat umum sekaligus para anak asuh, kegiatan ini diawali dengan menyimak bersama Al-Qur’an yang di bacakan oleh para hafidz/hafidzoh, kemudian dilaksanakan dengan sholat berjamaah bersama mujahadah dan pengajian umum dengan penceramah bergantian.
3. Pembacaan sholawat diba’iyah atau sholawat berjanjen
Kegiatan ini dilaksanakan setiap malam jumat yang diikuti oleh seluruh santri dan masyarakat setempat yang dipimpin oleh ibu Nyai ibu Dra Hj. Syamsiyah M.Pd.I, kegiatan ini di laksanakan dengan tujuan untuk diteladani setiap manusia, menghidukan kembali seni yang bernuansa Islami, dan menjalin hubungan silaturahmi antara panti asuhan dn masyarakat.
4. Keterampilan-keterampilan
Keterampilan ini dilakukan setiap minggu sekali yang dilaksanakan oleh seluruh anak asuh, keterampilan yang diajarkan meliputi: menjahit, memasak, kaligrafi, computer, taekwondo, seni baca Al-Qur’an dan lain-lain. 
5. Sekolah formal
Semua anak asuh PAPP Zuhriyah disamping mengikuti kegiatan yang telah dislenggarakan, mereka juga mengikuti sekolah formal, baik ditingkat TK, SD, SLTP, SLTA, PT, serta kursus-kursus sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki.
6. Pembiayaan
Para anak asuh Zuhriyah adalah anak yatim atau piatu, fakir miskin, dan anak terlantar, maka anak asuh tersebut diperlukan dana untuk pembiayaan, antara lain:
1) Kebutuhan makan
2) Kebututuhan kesehatan
3) Kebutuhan pendidikan formal di sekolah umum dan kejuruan
4) Kebutuhan pakaian
5) Kebutuhan pendidikan Agama di panti asuhan

Profil
Lembaga Nama : Pondok Pesantren Zuhriyah
Alamat : Jl. Palagan Tentara Pelajar km 10 Rejodani, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta
No Telp. : (0274) 866663
Status kelembagaan : SK Departemen Agama No. E. 22151
SK Kelembagaan : Dep. Agama Tahun didirikan : 2000
Status Tanah : Wakaf Luas Status : 2000 m2
Nama pengasuh : Dra. Hj. Syamsiyah, M. Pd.I
No Rekening : Simpedes BRI cabang pasar Colombo no: 1056- 01-000091-53-2

Alamat
Jl. Palagan Tentara Pelajar Km.10, Rejodani I RT. 03 RW. 02 Sariharjo Ngaglik, Sleman, DI Yogyakarta
Kode Pos: 55581
Telp: (0274) 868 66663, 486 9833