Panti Asuhan Al-Amin Garut

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Panti Asuhan Al-Amin Garut

Profil 
Panti Sosial Asuhan Anak Al-Amin adalah panti yang berada di Jln.Cipanas Kp.Babakan selaawi Rt. 03 Rw.3 Ds.Cimanganten Kec.Tarogong kaler  Kab.Garut, Prov.Jawa Barat. Panti ini berdiri pada tahun 2010 yang di wakafkan oleh seorang janda tua kepada keluarga Ibu Hj.Aam Rohamah. Pada  awalnya Ibu Hj.Aam Rohamah bertemu di mekah ketika sedang umroh dengan seorang janda yang kaya raya itu, karena hotel mereka bersamaan, sehingga perempuan janda tua itu mempercayakan  rumahnya yang tidak di tempati untuk di wakafkan kepada keluarga Ibu Hj.Aam Rohamah, dengan keinginan supaya rumah itu di jadikan tempat yang bermanfaat.

Namun Ibu HJ. Aam Rohamah merasa tidak sanggup karena tidak memiliki pengalaman untuk menjadikan rumah itu menjadi Panti sosial asuhan anak , tetapi Allah SWT, sudah  merencanakan sesuatu yang sangat indah ,sehingga sepulang umroh Ibu Hj.Aam Rohamah beserta keluarganya bertekad dengan penuh keyakinan bahwa beliau bisa mendirikan Panti sosial asuhan anak .

 Masih di tahun 2010  Ibu Hj.Aam Rohamah menjadikan rumah itu rumah yang bermanfa’at dan memberi nama ‘’al-Amin’’ yang artinya ‘’Terpercaya’’. Namun ternyata untuk mencari penghuni sangat sulit .Ibu Hj.Aam Rohamahpun memberitahukan kepada kerabat-kerabatnya supaya membawa anak yang tidak mampu untuk sekolah namun keinginanya untuk bersekolah sangat tinggi.hingga 10 orang pertama yang tinggal di Panti asuhan ini, ternyata kehidupan di Rumah dan di Panti sangat beda,mungkin mereka belum terbiasa jauh dari orang tuanya dan belum terbiasa dengan aturan-aturan yang ibu terapkan. Sehingga dari 10 orang itu hanya tersisa satu yang masih bertahan di Panti sosial asuhan anak al-amin.

Di tengah tahun 2014 siswapun bertambah banyak menjadi 38 dari latar belakang yang berbeda-beda ada yang yatim,piatu,du’afa,dan terlantar. Kebanyakan asal rumah merek dari  Rancabuaya Garut Selatan. Ibu Hj.Aam Rohamah pun mendaftarkan mereka semua ke sekolah negeri sesuai dengan tingkatanya masing-masing. Tidak lama Ibu Hj.Aam Rohamah beserta pengurus lainya yaitu saudara-saudaranya memperbaiki Panti sosial asuhan anak dari yang tidak layak lagi di tempati menjadi layak. Dari para donatur  itulah perbaikan Panti ini bisa selesai di awal tahun 2015.

Di tahun 2015 ini siswa Panti sosial anak AAmin bertambah sampai 47 dengan latar belakang yang berbeda-beda. Di tahun ini banyak sekali prestasi yang diraih oleh anak-anak sehingga menjadi kebanggaan tersendiri untuk Panti ini dan memajukan Panti sosial asuhan anak Al-Amin. Dari tahun-ketahun Ibu Hj. Aam Rohamah mengusahakan agar yang lulus SMP bisa melanjutkan ke SMK/SMA Negeri. Bukan hanya prestasi dikelas anak asuhan Ibu Hj.Aam Rohamah mampu berprestasi ke tingkat Kabupaten sampai Provinsi. 

 

Kegiatan Rutin Panti Asuhan Al-Amin Garut

Kegiatan Rutin Harian
1.      Bangun Sebelum Adzan Subuh Berkumandang
2.      Sholat Subuh Berjamaah
3.      Mengaji/Kuliah Subuh Sampai Sekitar Pukul 06.00-06.15
4.      Beres-beres Panti Sesuai Piket masing-masing
5.      Sarapan Bersama
6.      Beangkat Sekolah Masing-masing(kecuali yang sekolahnya kearah selatan(diantar pake mobil panti))
7.      Yang pulang Sebelum Dzuhur Wajib Shalat Dzuhur Berjamaah
8·      Makan Siang
9·      Jam Kosong Sampai Menjelag Asyar(Acara Pribadi)
10.    Setengah Jam Sebelum Asyar Mulai Ngantri Untuk Mandi
11.     Shalat Asyar Berjamaah
12.     Ngaji Asyar Sampai Sekitar Pukul 16.30
13.     Acara Bebas 30 Menit(Acara Pribadi)
14.     Jam 17.00 Mulai Makan
15.     Shalat Maghrib Berjamaah
16.     Mengaji Sampai Isya
17.     Shalat Isya Berjamaah
18.     Acara Bebas(Acara Pribadi)
19.     Tidur Maksimal Pukul 21.00(Kecuali Yang Ngerjain Tugas Sekolah)
20.     Bangun Maksimal Setengah Jam Sebelum Adzan Subuh
Kegiatan Rutin Mingguan
1.   Shalawatan Setiap Malam Jum’at
2.     Evaluasian/Kumpulan Setiap Minggu Sore.
Kegiatan Rutin Per 2 Minggu
1. Muhadorohan Setiap 2 Minggu Sekali
2. Belajar Bersama Setiap 2 Minggu Sekali



Kegiatan Rutin Bulanan
Shalawatan Dirumah Ibu Catering
Kegiatan Rutin Tahunan
1. Shalat Idul Adha
2. Memotong Hewan Kurban
3. Shalat Idul Fitri
4. Merayakan 17 Agustus

Alamat
Jln.Cipanas  Kp.Babakan selaawi Rt. 03 Rw.3 Ds.Cimanganten Kec.tarogong kaler  Kab.Garut Prov.Jawa Barat
Kode Pos; 44151
Telepon: 081931313232