Panti Asuhan Ittihadul Ummat Garut

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Panti Asuhan Ittihadul Ummat Garut

Profil
Kiprah untuk bergerak dalam bidang sosial dan pembinaan pendidikan dengan membantu anak-anak yatim, piatu, yatim-piatu, dan fakir-miskin terlantar, serta masyarakat dhuafa lainnya, dimulai sudah sejak lama diwariskan orangtua keluarga pendiri panti asuhan ini, hal tersebut bukan hanya melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. semata, namun sudah ‘mendarah-daging’ dan terus dilanjutkan oleh penerusnya sampai saat ini. Kepedulian terhadap anak-anak terlantar dan dhuafa ini semakin termotivasi, setelah keluarga pendiri tersebut mulai mandiri mengurus rumah tangganya sendiri, mula-mula hanya satu-dua orang yang menitipkan,  lambat laun semakin banyak anak yatim, piatu, dan terlantar setiap tahunnya yang dititipkan.

Akhirnya setelah pendiri kembali bertugas dinas di Garut, maka dibentuk secara formal pada tanggal 25 Mei 1993 suatu lembaga sosial yang diberi nama Panti Asuhan “Ittihadul Ummat” atau bermakna persatuan dan persaudaraan umat, dibawah naungan sebuah yayasan yang diberi nama
Yayasan Sosial Asuhan Anak dan Bina Remaja (Yasabira) Garut yang bergerak secara spesifik di bidang Usaha Penyantunan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) masyarakat rentan dan tidak mampu, serta anak-anak terlantar seperti yatim piatu, anak-anak putus sekolah, anak-anak dari keluarga fakir-miskin/korban PHK/korban daerah konflik, dsb.  

Panti Asuhan “Ittihadul Ummat” yang sudah beroperasi sejak tahun 1993 secara resmi memiliki badan hukum di bawah Yasabira Garut dengan Akte Notaris Ny. Hj. Yayah Kusnariah, S.H. Nomor 1/2000. Dan mendapat Surat Izin Operasional (SIOP) dari Kanwil Dep. Sosial Prop. Jawa Barat Nomor: 858/ORSOS/2000 dan Dinas Sosial Propinsi Jawa Barat Kantor Kabupaten Garut Nomor 467/40/Orsos/2000, dan ditindaklanjuti dengan Izin Terdaftar  terbaru dari Dinas Sosial Propinsi Jawa Barat SK. Nomor: 062/479/PRKS/2000/2003.

Visi dan Misi
Visi   
Dengan ridlo Allah SWT. menjadi salah satu lembaga sosial terunggul di Garut, yang mampu mengentaskan masalah pengasuhan, perlindungan, dan pendidikan bagi anak-anak yatim dan remaja terlantar agar menjadi manusia terdidik yang mandiri, kuat tauhid, berakhlak mulya dan beramal shaleh.
Misi     
“IKHLAS”, Mendorong dan menumbuhkembangkan anak-anak yatim dan remaja terlantar agar memiliki:
1. Ikatan kekeluargaan yang kuat dengan pengasuh, guru, dan dermawan/simpatisan muhsinin, serta persaudaraan yang kuat sesama anak asuh.
2. Konsisten pada kebenaran, nyantri jeung nyakola, boga rasa jeung rumasa, serta selalu menunjukkan keteladanan (akhlaqul karimah) dalam kehidupan sehari-hari
3. Handal dalam berkarier karena memiliki prestasi yang unggul baik akademis maupun non  akademis
4. Layak hidup di dalam masyarakat dan lingkungannya, serta mampu mandiri sesuai kemampuannya.
5. Agamis dalam kehidupan pribadinya, keluarga, bermasyarakat serta berbangsa dan bernegara.
6. Sholeh/sholihah yang diwujudkan dengan kepribdian  yang cageur, bageur, bener, pinter dan singer.

Program Panti Ittihadul Ummat Garut
1. Menyantuni anak-anak asuh terlantar.
2. Melaksanakan kegiatan pemberian beasiswa dan khitanan massal anak-anak yatim-piatu
3. Melaksanakan kegiatan Pesantren Ramadhan, amil zakat dan qurban
4. Program Diniyah Awaliyah
5. Pengajian umum mingguan.
6. Menjadi mitra dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Garut dan/atau Propinsi Jawa Barat di bidang montir mesin, elektro,      dan modis (menjahit). 
7. Memfasilitasi remaja yang putus sekolah untuk dididik dalam Kelompok Belajar Paket A, B, dan/atau C, setara pendidikan dasar dan menengah.
8. Selain itu juga dirintis pembentukan Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) ”Wisma Komara” yang  berusaha  memberikan  santunan  berupa                    pemberian  biaya hidup  sehari-hari, dan/atau pemberian modal usaha/kerja kepada keluarga anak-anak dan remaja yang diasuh di PSAA dan                PSBR Yasabira, yang juga rentan dan tidak mampu. Program ini diperluas dengan menyantini dari kalangan penyandang jompo terlantar,                       penyandang cacat ganda terlantar, penyandang penyakit psikotik terlantar, dan penyandang eks penyakit kronis terlantar. 

Alamat
Jln. Galumpit Sasak No. 10-12 Rt 05/RW 01 Kel. Margawati Kec. Garut, Kab. Garut, Jawa Barat
Kode Pos: 44113
Telepon: 0262 238388