Biografi Dr. KH. M. Afifudin Dimyathi., L.c., M.A (Gus Awis)

 
Biografi Dr. KH. M. Afifudin Dimyathi., L.c., M.A (Gus Awis)
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi Profil Dr. KH. M. Afifudin Dimyathi., L.c., M.A (Gus Awis)

  1. Kelahiran
  2. Pendidikan
  3. Pengasuh Pesantren
  4. Penulis Kitab Bahasa Arab
  5. Karya-Karya
  6. Chart Silsilah Sanad

Kelahiran

Dr. KH. M. Afifudin Dimyathi., L.c., M.A atau yang kerap disapa dengan panggilan Gus Awis lahir pada 7 Mei 1979 di Jombang, Jawa Timur. Beliau merupakan putra dari pasangan KH. A. Dimyathi Romly dan Hj. Muflichah.

Nasabnya dari jalur ayah, Gus Awis adalah putra KH. Dimyati bin KH. Romli At-Tamimi. KH. Romli At-Tamim adalah seorang Mursyid (Guru) Thoriqoh Mu’tabaroh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah, yang jalur kememursyidannya sampai ke Sulton Auliya’ Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani hingga Nabi Muhammad Saw.

Sementara dari jalur ibu, Gus Awis merupakan cucu dari KH. Ahmad Marzuki Zahid Langitan yang nasabnya sampai ke Sunan Bonang, Tuban.

Pendidikan

Gus Awis muda memulai pendidikannya dengan belajar di Madrasah Ibtida’iyah Negeri Rejoso Jombang (lulus tahun 1991). Kemudian melanjutkan pendidikannya dengan sekolah di Madrasah Tsanawiyah Progam Khusus Darul ‘Ulum Rejoso Peterongan (lulus tahun 1994), lalu melanjutkan dengan sekolah di Madrasah Aliyah Keagamaan Negeri (MAKN) Jember (lulus tahun 1997).

Selain menempuh pendidikan formal, beliau juga belajar dan menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Ngaglik Sleman Yogyakarta yang diasuh oleh KH. Mufid Mas’ud sampai tahun 1998.

Setelah lulus dari MAKN, beliau meneruskan Pendidikan S-1 di al Azhar University Mesir, pada Fakultas Ushuluddin Jurusan Tafsir dan Ilmu al-Qur’an mulai tahun 1998-2002

Pada tahun 2002 beliau melanjutkan pendidikan S2 di Khartoum International Institute for Arabic Language di kota Khartoum Sudan dan Lulus tahun 2004 dengan predikat Cum Laude. Berbekal prestasi lulusan S2 terbaik tingkat Asia, pada tahun yang sama beliau meneruskan pendidikan S3 di al Neelain University jurusan Tarbiyah Konsentrasi Kurikulum dan Metodologi Pengajaran Bahasa Arab dan selesai tahun 2007.

Selain itu, sejak tahun 2006 beliau sudah aktif sebagai dosen di Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya dengan mengampu mata kuliah kebahasaan dan tafsir.

Mulai tahun 2007 setelah menyalesaikan program S3, beliau juga turut mengajar di Program Pasca Sarjana UIN Sunan Ampel dan UIN Maulana Malik Ibrahim dengan mengampu mata kuliah spesialisasi Linguistik, Sosio-Linguistik, Semantik dan Leksikologi, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab dan Pengembangan Materi Ajar Bahasa Arab.

Beliau juga ikut Berpartisipasi sebagai pengajar di Program Pasca Sarjana di IAIN Tuluangung, IAIN Jember dan STIT Dalwa Bangil Pasuruan dengan materi bidang kebahasan dan tafsir.

Pengasuh Pondok

Setelah selesai belajar, Gus Awis melanjutkan kepemimpinan pesantren dengan menjadi pengasuh Asrama Hidayatul Quran di Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso.

Penulis Kitab Bahasa Arab

Pada beberapa kesempatan Gus Awis menyampaikan, bahwa motivasi terbesarnya dalam menulis adalah perjuangan para ulama terdahulu dalam mengabadikan ilmu.

Sebuah ilmu adalah amanah yang harus disampaikan kepada umat dan salah satu caranya adalah dengan menulis. Sebagai penulis yang produktif, beliau mengatakan bahwa ide adalah sebuah amanah dari Allah. Maka dari itu setiap mendapat ide tulisan, beliau akan mencatatnya dan berniat untuk menuangkan ide-ide tersebut dalam bentuk kitab.

Beliau menganggap bahwa hal ini adalah bukti bahwa setiap buku ada pembacanya, setiap buku pasti ada pencarinya.

Dua bukunya yang fenomenal adalah Asy-Syamil fi Balaghatil Quran dan Jam’u al-‘Abir fi Kutub al-Tafsir, karya ini dibaca oleh Mahasiswa yang sedang belajar di Al-Azhar Mesir.

Buku Asy-Syamil membahas nilai kesusastraan al-Quran lengkap mulai dari al-Fatihah hingga an-Annas, dan mengungkapkan beberapa faktor yang membuat al-Quran lebih istimewa dibanding kitab suci lainnya. Faktor-faktor tersebut, terangkum dalam uslub balaghah di kitab tiga jilid yang ia tulis.

Pertama, isti’aro yang berarti keserasian makna. Al-Quran jika diperhatikan menggunakan pemilihan kata yang unik sehingga berbeda dengan bahasa buku atau kitab suci lain. kedua, tartib yakni ketertiban urutan kalimat yang disusun dalam al-Quran. Susunan yang rinci dan rapi ini membuat ayat al Quran mudah dicerna. Dan yang ketiga yang ia sebutkan ialah i’jaz yang berhubungan dengan pemaknaan.

Dalam al Quran, walau lafaznya singkat, pemaknaannya bisa sangat luas. Tentu masih banyak uslub balaghah lainnya. Untuk mendapatkan makna al-Quran baik tersirat mauput tersurat, tidak bisa tidak, maka pintu masuk pemahaman awalnya diantaranya adalah dengan membaca kandungan balaghanya, dan buku ini dengan amat rinci menjelaskannya kata perkata, kalimat perkalimat dan ayat perayat.

Sementara kitab Jam’ul Abir fi Kutubit Tafsir menjelaskan metode penulisan lebih dari 440 kitab tafsir sepanjang sejarah Islam, secara berurutan mulai mufassir zaman sahabat sampai mufassir abad 15 hijriah.

Kitab ini juga mengkaji sejumlah kitab tafsir berbagai aliran yakni Ahlussunnah, Syiah, Mu’tazilah, Khawarij, bahkan sufi dan batiniyah. Dalam Jam’ul Abir, kitab-kitab tafsir dunia juga diurutkan sesuai tahun meninggalnya mufassir.

Ini sangat membantu dalam rangka mengetahui perkembangan studi tafsir sepanjang sejarah Islam.

Dari 440 kitab tafsir yang dibahas, sebagian besar mengenalkan tafsir-tafsir karya ulama Nusantara, dan Asia Tenggara ke dunia Islam.

Tentu saja ini sangat menarik, karena dengan mambaca karya ini, harapannya agar pakar-pakar tafsir di Timur Tengah kontemporer setelah membaca kitab ini bisa mengenal Syekh Abdur Rauf as Sinkili, Kiai Shalih Darat, Mbah Kiai Bisri Musthofa, Mbah Kiai Misbah Musthofa, Syekh Muhammad Said bin Umar al Malaysia, KH Ahmad Sanusi, Syekh Ahmad Shonhaji as-Singapuri dan nama lain, serta mengetahui tafsir yang mereka persembahkan untuk umat Islam di Asia Tenggara.

Kelebihan lain ini juga menampilkan berbagai kitab tafsir dari berbagai bahasa di dunia. Dari mulai Arab, Inggris, Prancis, Urdu, Parsi, Melayu, Indonesia, Jawa, Sunda dan sebagainya.

Dengan karyanya yang begitu banyak, bahkan dicetak di Mesir, negeri yang dikenal dengan menara ilmu islam dan digunakan di almameternya, termasuk di Al-Azhar dan Universitas Khartoum, Sudan, maka beliau layak dianggap penerus ulama Nusantara di Hijaz (Jazirah Arab).

Karya-Karya

Tradisi menulis dalam bahasa Arab tidak berakhir sampai awal abad ke-20, atau era perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, namun terus berlanjut, tetapi dari segi kuantitasnya amat sedikit.

Karena belakangan, pengaruh dari kalangan ulama modernis atau reformis begitu masif, sehingga kiai-kiai lebih senang menulis dalam bahasa Indonesia, dan sebagian masih mempertahanknya dengan menggunakan Arab pegon, dan yang sedikit itu antara lain adalah Gus Awis. Beliau merupakan sosok yang termasuk masih mempertahankan tradisi ulama Nusantara, menulis dengan bahasa Arab di era melenial ini. Karya yang pernah ditulis diantaranya:

  1. Muhadarah fi Ilm Lughah al Ijtima’i (Dar Ulum al Lughawiyah, Surabaya, 2010)
  2. Sosiolinguistik (UINSA Press, 2013)
  3. Mawarid al Bayan fi Ulum al Qur’an (Lisan Arabi, 2014)
  4. Safa al Lisaan fi I’rab al Qur’an (Lisan Arabi, 2015)
  5. al-Syamil fi Balaghat al-Quran (3 jilid, 2019)
  6. Irsyad al-Darisin ila Ijma’ al-Mufassirin, ‘Ilm al-Tafsir: Ushuluh wa Manahijuhu (Lisan Arabi, 2019)
  7. Jam’u al-‘Abir fi Kutub al-Tafsir (2 jilid, Lisan Arabi, 2019)

Selain diterbitan oleh Lisanul Arabi di Indonesia, buku-buku tersebut juga diterbitkan di Mesir oleh Penerbit Daar As-Saalih dan Darun Nibros, serta beberapa artikel di jurnal-jurnal berbahasa Arab di Indonesia, diantaranya Jurnal el Jadid dan Jurnal LINGUA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru Dr. KH. M. Afifudin Dimyathi., L.c., M.A (Gus Awis) dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 05 Oktober 2020, dan terakhir diedit tanggal 05 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya