Polda DIY Gandeng KPI UIN SUKA Terkait Kehumasan

 
Polda DIY Gandeng KPI UIN SUKA Terkait Kehumasan

LADUNI.ID, Yogyakarta - Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Kalijaga (KPI UIN SUKA) pada hari selasa (20/10/2020) melakukan koordinasi dengan Humas Polda DI Yogyakarta. Koordinasi berkaitan dengan langkah kerja sama antara Prodi KPI dengan Polda DIY, utamanya membantu kehumasan Polda DIY dalam bidang broadcasting, jurnalistik, dan sinematografi.

Bentuk kerjasama antara KPI UIN SUKA dengan Polda DIY masih dalam proses pembicaraan. Tetapi KPI menyadari bahwa mahasiswa butuh ruang aktualisasi untuk meningkatkan kemampuannya dalam hal hal praktik dengan bersinergi bersama lembaga lain ataupun perusahaan profesional.

Kasubdit Penmas AKBP Verena Polda DIY menyampaikan perlu berkolaborasi dengan perguruan tinggi utamanya prodi KPI yang secara teknis sangat dibutuhkan untuk membantu produksi konten di Humas Polda DIY. 

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan kedepan perlu dibangun kerjasama yang resmi dan simultan untuk mendukung acara dan program Polda DI Yogyakarta dan juga produksi konten video yang bisa mewakili sebagai wadah informasi bagi masyarakat luas.

Sementara itu, Kaprodi KPI UIN SUKA, Nanang Mizwar hasyim juga memberi penjelasan bahwa kerjasama ini sangat positif bagi mahasiswa. Mahasiswa akan terdorong terus untuk aktif dan berkarya. 

Hanya saja ke depan perlu dibicarakan lebih lanjut terkait teknisnya. Apakah dalam bentuk praktikum sebagai peningkatan kompetensi mahasiswa, penyesuaian praktik kerja mata kuliah, ataupun dikemas dalam bentuk program magang.

Dengan sinergi kuat perguruan tinggi dengan lembaga pemerintahan, masyarakat, dan perusahaan, akan membawa mahasiswa lebih cepat mengenal dunia kerja, kompetensinya berkembang juga menjadi mahasiswa yang cepat beradaptasi dan pandai membangun jejaring.

Oleh: Mochammad Sinung Restendy, M.Sos
Dosen UIN Sunan Kalijaga
Founder Yayasan Spirit Dakwah Indonesia