Ustadz Ma’ruf Khozin: Anjuran Memperbanyak Zikir

 
Ustadz Ma’ruf Khozin: Anjuran Memperbanyak Zikir

LADUNI.ID, Jakarta - Salat wajib dan sunah ada sekitar 50 rakaat dalam sehari semalam. Salat tetap ada batasan rakaatnya. Zakat juga ada nominal yang dikeluarkan, biasanya 2.5 persen. Sebanyak-banyaknya sedekah sebatas sepertiga harta. Puasa juga dianjurkan mulai yang wajib dan sunah, maksimal adalah puasa Dawud, puasa 2 hari sekali, kalau puasa terus menerus tiap hari hukumnya makruh. Khusus zikir tidak ada batasannya.

ﻭﻗﺎﻝ اﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﻓﻲ ﻗﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ: اﺫﻛﺮﻭا اﻟﻠﻪ ﺫﻛﺮا ﻛﺜﻴﺮا ﺇﻥ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻟﻢ ﻳﻔﺮﺽ ﻋﻠﻰ ﻋﺒﺎﺩﻩ ﻓﺮﻳﻀﺔ ﺇﻻ ﺟﻌﻞ ﻟﻬﺎ ﺣﺪا ﻣﻌﻠﻮﻣﺎ، ﺛﻢ ﻋﺬﺭ ﺃﻫﻠﻬﺎ ﻓﻲ ﺣﺎﻝ اﻟﻌﺬﺭ ﻏﻴﺮ اﻟﺬﻛﺮ، ﻓﺈﻥ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻟﻢ ﻳﺠﻌﻞ ﻟﻪ ﺣﺪا ﻳﻨﺘﻬﻲ ﺇﻟﻴﻪ، ﻭﻟﻢ ﻳﻌﺬﺭ ﺃﺣﺪا ﻓﻲ ﺗﺮﻛﻪ ﺇﻻ ﻣﻐﻠﻮﺑﺎ ﻋﻠﻰ ﺗﺮﻛﻪ

Ibnu Abbas menjelaskan firman Allah: "Berzikirlah kepada Allah dengan sebanyak-banyaknya zikir" (Al-Ahzab 41), bahwa Allah tidak mewajibkan sebuah ibadah kepada hamba-Nya kecuali ada batasannya dan jika ada halangan maka Allah menolerir. Kecuali Zikir. Allah tidak memberi batasan dan tidak memberi tolerir kecuali hingga dia lupa.

ﻓﻘﺎﻝ: ﻓﺎﺫﻛﺮﻭا اﻟﻠﻪ ﻗﻴﺎﻣﺎ ﻭﻗﻌﻮﺩا ﻭﻋﻠﻰ ﺟﻨﻮﺑﻜﻢ [ اﻟﻨﺴﺎء: 103]  ﺑﺎﻟﻠﻴﻞ ﻭاﻟﻨﻬﺎﺭ ﻓﻲ اﻟﺒﺮ ﻭاﻟﺒﺤﺮ، ﻭﻓﻲ اﻟﺴﻔﺮ ﻭاﻟﺤﻀﺮ، ﻭاﻟﻐﻨﻰ ﻭاﻟﻔﻘﺮ، ﻭاﻟﺴﻘﻢ ﻭاﻟﺼﺤﺔ، ﻭاﻟﺴﺮ ﻭاﻟﻌﻼﻧﻴﺔ، ﻭﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﺣﺎﻝ.

Allah berfirman: "Berzikirlah kepada Allah saat berdiri, duduk dan berbaring" (An-Nisa' 103), malam atau siang, di darat atau laut, di perjalanan atau di rumah, saat kaya atau miskin, ketika sakit atau sembuh, saat menyendiri atau di keramaian dan di setiap waktu (Tafsir Ibni Katsir 6/386)

Selawatnya Ibnu Mas'ud

عن الأعمش عن زيد بن وهب قال لي ابن مسعود رضي الله عنه يا زيد بن وهب لا تدع إذا كان يوم الجمعة أن تصلي على النبي ألف مرة تقول اللهم صل على محمد النبي الأمي

“Dari A’masy, dari Zaid ibnu Wahb, telah berkata Ibnu Mas’ud kepada saya: Wahai Zaid, jangan kau tinggalkan di hari Jumat untuk bersalawat kepada Nabi 1000 kali” (Ibnu al-Qayyim, Jala’ al-Afham 1/87).

Tasbihnya Abu Hurairah

ﻭَﻓِﻲ ﺭِﻭَاﻳَﺔٍ ﺃﻟﻔﺎ ﻋُﻘَﺪْﺓٍ ﻓَﻼَ ﻳَﻨَﺎﻡُ ﺣَﺘَّﻰ ﻳُﺴَﺒِّﺢَ ﺑِﻪِ، ﻭَﻫُﻮَ ﺃَﺻَﺢُّ ﻣِﻦَ اﻟَّﺬِﻱ ﻗَﺒِﻠَﻪُ

Dalam riwayat lain tasbihnya Abu Hurairah adalah 2000 ikatan. Abu Hurairah tidak tidur hingga membaca tasbih tersebut. Riwayat ini lebih Sahih. (Al-Hafidz Ibnu Katsir, Al Bidayah wa Al-Nidayah 8/120).

Berapa Banyak Zikirnya Nabi?

ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ، ﻗﺎﻟﺖ: «ﻛﺎﻥ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﺬﻛﺮ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﺃﺣﻴﺎﻧﻪ»

Aisyah berkata bahwa Nabi shalallahu alaihi wasallam berzikir kepada Allah di setiap keadaan (HR Bukhari dan Muslim)

*) Alhamdulillah mendapat hadiah Tasbih dari Ulama Sepuh di Bangkalan sekaligus Cicit Syaikhona Kholil Bangkalan, KH Zubair Muntashar (ابقاه الله بالسلامة والعافية), Ayahanda Kiai Fathur Rozi Zubair dan Lora Hasani Zubair Muntashor.

***

(Ustadz Ma’ruf Khozin)


Aktifkan Nada Sambung pribadi Tausiyah Ustadz Ma'ruf Khozin "LIMA ALAM KEHIDUPAN"
Dengan cara ketik LAKDM kirim SMS ke 1212
Tarif: Rp. 9900 / bulan khusus pengguna Telkomsel