Ustadz Ma’ruf Khozin: Makna Sunnah dalam Term Ahlissunah

 
Ustadz Ma’ruf Khozin: Makna Sunnah dalam Term Ahlissunah

LADUNI.ID, Jakarta - Ahlissunah, sebuah istilah yang diklaim semua kelompok. Perbedaan dalam memahami makna sunnah dalam kalimat Ahlissunah selalu menjadi sebab tarik ulur dan selalu beranggapan hanya kelompok tertentu yang berhak menyandang nama Ahlissunah tersebut.

Berikut perbedaan masing-masing disiplin ilmu dalam memahami Sunnah;

  1. Sunnah menurut Ilmu Fikih adalah sumber hukum setelah Al-Qur'an, yaitu Sunnah Rasulullah shalallahu alaihi wasallam.
  2. Sunnah menurut ulama ahli hadis adalah setiap sabda, perbuatan atau persetujuan dari Nabi shalallahu alaihi wasallam.
  3. Sunnah menurut ulama Fikih adalah sebuah hukum di antara 5 hukum; wajib, mubah, sunnah, makruh dan haram. Sunnah di sini adalah anjuran, seperti dianjurkan salat 2 rakaat sebelum Zuhur dan sebagainya.

Lalu, kata Sunnah dalam Ahlissunah memiliki makna yang mana? Menurut Hadratusy Syekh Hasyim Asy'ari memiliki makna tersendiri, yaitu:

السنة لغة الطريقة ولو غير مرضية وشرعا الطريقة المرضية المسلوكة في الدين سلكها رسول الله صلى الله عليه وسلم او غيره ممن هو علم في الدين كالصحابة

Makna al-Sunnah secara kebahasaan: "jalan, walaupun tidak diridhai". Secara syar’i: jalan yang diridhai oleh Allah, yang menjadi pijakan dalam agama, dan telah ditempuh oleh Rasulullah atau orang yang menjadi panutan dalam agama seperti sahabat (Risalah Ahlissunah wal Jamaah Hal. 5).

Tarawih 20 rakaat ditetapkan oleh Sayidina Umar, maka Ahlissunah mengamalkan tarawih 20 rakaat. Azan Jumat 2 kali diberlakukan di masa Sayidina Utsman, maka Ahlissunah melakukan jumatan dengan 2 kali azan. Demikian pula ijtihad yang dilakukan oleh para Imam Mujtahid juga disebut Sunnah dalam arti telah dijalankan dalam tata cara beragama, seperti ijtihad 4 Imam dan para pengikutnya.

Kalau kata Sunnah dalam kalimat Ahlissunah diartikan khusus kepada sabda dan perbuatan Nabi, itu namanya sunnah dalam pandangan ilmu tertentu, padahal di semua disiplin ilmu makna Sunnah berbeda-beda. Anderson? Eee understand?

***

Pelatihan Dasar ke-Aswajaan bersama IPNU dan IPPNU Kec. Krembangan, binaan Ust Muhibbuddin Zuhri. Sejak dulu beliau selalu berkompetisi dengan saya dalam 'produksi' anak. Kini saya menyerah di angka 5, sementara beliau sudah berputra 9 orang.

(Ustadz Ma’ruf Khozin)


Aktifkan Nada Sambung pribadi Tausiyah Ustadz Ma'ruf Khozin "LIMA ALAM KEHIDUPAN"
Dengan cara kirim SMS: LAKDO kirim ke 1212
Tarif: Rp. 3850 / 7 hari