Manfaat Membaca dengan Metode Nyaring

 
Manfaat Membaca dengan Metode Nyaring

LADUNI.ID, Jakarta - Metode membaca dengan suara yang nyaring tentunya bukan menjadi suatu hal yang asing lagi bagi kita. Sebab hal ini sudah sering kita jumpai dilingkungam kita sendiri, bahkan mungkin kita sendiri ikut terlibat didalamnya. Seperti saat menghafal nadzom, perkalian dan lain-lain. Di mana metode ini memiliki efek yang sangat baik untuk diterapkan karena memberi manfaat yang begitu banyak.

Sebuah penelitin baru-baru ini yang dilakukan Departemen Psikologi Universitas Waterloo menyebutkan “Bahwa membaca dengan suara nyaring akan memberikan efek produksi, dimana memori kita akan lebih tahan dalam jangka yang lama dan lebih berkesan”. karena dalam aktivitas ini akan melibatkan suara dan pendengaran yang memberikan hasil ganda dan tentunya akan mendorong otak lebih aktif.

Namun, jauh sebelum penelitian tersebut ternyata sudah banyak keterangan yang menjelaskan manfaaat dari metode ini. Hal ini dapat menjadi sebagai penguat metode tersebut. Sebaimana dijelaskan oleh  أبو هلال الحسن بن عبد االله العسكري Dalam kitabnya: الحث على طلب العلم والاجتهاد في جمعه : أثر رفع الصوت في الدراسة

Manfaat Meninggikan Suara Ketika Belajar

يقول أبو الهلال العسكري رحمه الله: ينبغي للدارس أن يرفع صوته في درسه حتى يُسمع نفسه، فإن ما سمعته الأذن رسخ في القلب.

Orang yg sedang belajar dianjurkan mengeraskan suaranya saat membaca hingga dia dapat mendengar bacaannya, sebab sesuatu yang terdengar telinga akan lengket di hati. (Abul Hilal al-'Askary).

ويقول أبو حامد الإسفراييني رحمه الله لأصحابه: إذا درستم فارفعوا أصواتكم، فإنه أثبت للحفظ وأذهب للنوم.

Jika kalian sedang belajar, maka keraskan suara kalian, sebab yang demikian akan lebih menetapkan pelajaran di hati dan dapat mengusir kantuk. (Abu Ahmad al-Isfirayiny).

Selain itu juga ada beberapa manfaat yang didapatkan ketika kita membaca dengan nyaring:

  • Membuat lebih fokus
  • Memperkaya kosa kata
  • Meningkatkan pemahaman
  • Memberikan sensasi hiburan
  • Melatih eksperesi dan intonasi dalam berbicara
  • Meningkatkan keterampilan mendengarkan dan membaca

Testimoni Efek Meninggikan Suara untuk Kefasihan: أثر رفع الصوت في الفصاحة

يقول أبو هلال العسكري رحمه الله: حكي لي عن بعض المشايخ أنه قال: رأيت في بعض قرى النبط فتى فصيح اللهجة، حسن البيان، فسألته عن سبب فصاحته مع لُكْنة أهل جِلدته! فقال: كنت أعمد في كل يوم إلى خمسين ورقة من كتب الجاحظ، فأرفع بها صوتي في قراءتها، فما مر لي إلا زمان قصير حتى صرت إلى ما ترى.

Dan diceritakan oleh Abul Hilal al-'Askary: “Aku melihat seorang pemuda yg bacaanya fasih penjelasannya keren berada di satu desa di daerah Nabth. Aku tanya dia, kok  kamu bisa  sefasih ini fadahal masyarakat di sekitr ini amat sulit ditemukan yang  fasih. Dia menjawab " setiap hari aku baca 50 lembar dari beberapa kitab al-jahidz dengan suara yg keras, tak butuh waktu yg lama hingga aku menjadi seperti yg engkau lihat”.

Selain bermanfaat bagi diri sendiri membaca dengan metode nyaring juga sangat bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Seperti pada anak-anak kecil dan keluarga lainnya. (Bisa disimak diklik DI SINI).(*)

***

Penulis: F. Yuman Hasibuan
Editor: Muhammad Mihrob

_____________________
Refrensi: