Biografi KH. Abu Bakar Shofwan Gedongan

 
Biografi KH. Abu Bakar Shofwan Gedongan
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi Profil KH. Abu Bakar Shofwan Gedongan

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Keluarga
  4. Pendidikan
  5. Menjadi Pengasuh pesantren
  6. Teladan
  7. Chart Silsilah Sanad

Kelahiran

KH. Abu Bakar Shofwan atau yang kerap disapa dengan panggilan Kiyai Abu, lahir pada tahun 1942, di desa Pejomblangan, Kedungwuni, Pekalongan. Beliau merupakan putra dari H. Shofwan Hj. Timu binti Ahmad Jaiz, Kudus yang merupakan keturunan dari Sunan Kudus.

Nasab beliau dari jalur ayah merupakan saudara dari KH. Khalil Bangkalan. Nasab beliau diantaranya, H. Shofwan bin Muharrir bin Muhamad bin Ahmad Prawiro bin Ahsan Prawiro bin Ahmad Prawiro bin Ahmad Abdullah.

Wafat

Kiyai Abu wafat pada hari Senin, 30 Mei 2016 pukul 7.30 di RS. Gunung Jati, Cirebon. Jenazah beliau dimakamkan di pemakaman umum Gedongan tidak jauh dari makam KH. Muhamad Sa’id.

Keluarga

Pada tahun 1969, Kiai Abu dijodohkan oleh KH. Mahrus Ali dengan Nyai Zaenab binti KH. Siradj, yaitu cucu dari KH. Muhamad Sa’id pendiri Pondok Pesantren Gedongan. Pernikahannya dengan Nyai Zaenab ini, Kiyai Abu tidak dikaruniai keturunan. Kemudian, Kiyai Abu menikah kembali dengan Nyai Umul Banin binti H. Sanusi. Buah dari pernikahannya, beliau dikarunia tiga orang putra-putri. Anak-anak beliau adalah Minnatul Maula (lahir 1993), Abdul Wahhab (lahir 1996), dan Ayu Fitriyah (lahir 2001).

Pendidikan

Pada tahun 1949, Kiai Abu mulai masuk Sekolah Rakyat dan telah berhasil mengkhatamkan bacaan Al-Qur’an 30 juz bi Nadhar dihadapan ayahnya. Setelah itu beliau melanjutkan mengaji pada Kiyai Syarif, Pekalongan. Setelah mengkhatamkan Al-Qur’an kepada Kiyai Syarif, lalu pada tahun 1953 Kiyai Abu mulai menghafal Al-Qur’an di Pesantren Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah dibawah bimbingan Kiyai Badawi dan selesai pada tahun 1959.

Kiyai Abu melanjutkan pendidikannya di Pesantren Lirboyo yang saat itu masih diasuh oleh KH. Mahrus Ali.

Mendirikan pesantren

Sejarah pendirian Pondok Pesantren Madrasatul Huffadz I tidak terlepas dari kaitannya dengan Pondok Pesantren Gedongan yang telah dirintis oleh KH. Muhamad Said pada pertengahan abad ke-18.  

Sejak awal didirikan, pondok pesantren ini adalah pesantren yang mengajarkan kitab-kitab salaf. Namun setelah KH. Abu Bakar Shofwan memperistri cucu KH. Muhamad Said yakni Nyai Hj. Zaenab binti KH. Sirodj, ada warna baru dalam tradisi keilmuan Pondok Pesantren Gedongan.

Saat itu, Kiyai Abu berinisiatif untuk mengambil adik perempuannya yakni Nyai Khadijah untuk dididik menghafal Al-Qur’an.

Pada saat itu kondisi Gedongan masih sangat sepi, geliat kegiatan keagamaan masyarakat pun belum terlalu terlihat, meskipun memang telah ada kegiatan pengajian kitab-kitab yang dibacakan oleh beberapa guru.

Pada tahun 1973, Nyai Khadijah berhasil mengkhatamkan hafalan 30 juz Al-Qur’an. Prestasi Nyai Khadijah langsung membuat masyarakat terkesima lalu berbondong-bondong menitipkan putra-putrinya kepada Kiyai Abu untuk dididik menjadi penghafal Al-Qur’an. Melihat santri yang semakin banyak Kiyai Abu membangun sebuah bangunan pesantren untuk menampung santri-santri.

Santri putra ditempatkan di langgar, sedangkan santri putri ditempatkan di dalam pesantren. Seiring perkembangan jumlah santri yang terus meningkat, Kiyai Abu kemudian membangun satu lokal tambahan berdekatan dengan bangunan pertama. Saat ini kedua bangunan tersebut digunakan sebagai asrama Pondok Pesantren Madrasatul Huffadz II asuhan cucu Nyai Zaenab.

Setelah Kiyai Abu wafat, Madrastul Huffadz I diasuh oleh Nyai Ummul Banin yakni isteri Kiyai Abu. Pada awalnya bangunan yang berada di belakang rumah Nyai Umul Banin tidak diniatkan untuk membangun pesantren. Kiyai Abu hanya berniat membangun 3 kamar untuk ketiga anaknya. Namun setelah dimusyawarahkan, bangunan tersebut kemudian difungsikan sebagai asrama santri Madrasatul Huffadz I. Lantai satu ditempati oleh santri putra sedangkan lantai dua ditempati oleh santri putri.

Lokal santri putra dan putri disekat oleh tembok pembatas, sehingga meskipun berada di dalam bangunan yang sama santri putra dan putri tetap terpisah. Hingga saat ini Pondok Pesantren Madrasatul Huffadz I telah melahirkan ratusan alumni penghafal Al-Qur’an yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia bahkan hingga ke negeri tetangga.

Dalam catatan sejarah, menurut kesaksian KH. Aqil Siradj, Pondok Pesantren Madrasatul Huffadz I merupakan pesantren tahfidz pertama di Cirebon.

Teladan

Kiyai Abu di mata masyarakat Gedongan adalah Kiyai yang bersahaja dan dekat dengan rakyat, beliau juga dikenal sebagai Kiyai yang dermawan, atau orang dusun Gedongan menyebutnya dengan istilah “Kiyai Loman”. Banyak orang Gedongan yang sangat menyukai Kiyai Abu, terutama orang-orang yang sering bersentuhan langsung dengan beliau, seperti tukang becak, tukang bangunan dan lain sebagainya.

Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Abu Bakar Shofwan Gedongan dapat dilihat di sini.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 05 September 2022, dan terakhir diedit tanggal 30 Mei 2023.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya