Merasa Depresi Karena Tidak Ada yang Menyukai, Saya Harus Bagaimana?

 
Merasa Depresi Karena Tidak Ada yang Menyukai, Saya Harus Bagaimana?
Sumber Gambar: Laduni.ID

Assalamu’alaikum wr wb.
Salam kenal mbak Nur, saya Eka umur saya 20 tahun. Mbak Nur yang baik, saya sering berpikir negatif terhadap diri saya sendiri, sering merasa tidak dihargai dan tidak disukai orang lain. Hal ini membuat saya tidak mampu mengekspresikan diri dan tidak yakin dengan pendapat saya sendiri. Keadaan ini membuat saya minder dan merasa depresi. Apa yang terjadi pada diri saya ya mba? Apakah hal ini masih bisa diperbaiki?
Mohon tanggapannya. Terima kasih.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Eka di Sleman


Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb.
Hai Eka, salam kenal kembali ya. Mbak Nur sangat respek dengan keberanianmu untuk mengungkapkan masalah yang dialami. Banyak lho anak muda seumuranmu yang tidak memahami jika dirinya memiliki kesulitan dalam  mengembangkan diri. Padahal, di era saat ini memerlukan orang-orang yang tangguh, berkarakter dan menjadi dirinya sendiri. Berdasarkan yang kamu ceritakan di atas mengarah pada ciri-ciri orang yang memiliki harga diri (self esteem) rendah. Harga diri itu sendiri adalah nilai personal individu yang diyakini terhadap dirinya sendiri.

Baca juga: Semua Barang, Kotor di Mata Saya. Bagaimana Mengatasinya?

Harga diri terbentuk karena berbagai faktor, antara lain pengalaman, persepsi, keterbatasan, hingga opini lingkungan sekitar.  Orang yang memiliki harga diri yang rendah biasanya tidak percaya diri dengan aset atau kelebihan yang dimiliki, selalu teringat-ingat kesalahan, tidak yakin dengan pendapatnya sendiri, kesulitan mengekspresikan diri, dan merasa tidak ada hal yang bisa diharapkan darinya.

Harga diri yang sangat rendah bisa menyebabkan seseorang depresi, oleh karena itu harus segera mendapatkan bantuan dari Psikolog.
Beberapa tips berikut ini bisa membantu meningkatkan harga diri, disimak yuk :

1. Stop bandingkan diri dengan orang lain
Setiap pribadi adalah unik, jadi mulailah mencintai dirimu sendiri. Tuliskanlah di buku kelebihan dan kekuranganmu. Menuliskan kelebihan akan membuatmu menyadari bahwa kamu pun mempunyai kelebihan, ini akan menjadi sumber kekuatanmu. Sedangkan menuliskan kelemahan membuatmu introspeksi dan memperbaiki diri sehingga meningkatkan nilai dirimu.

Baca juga: Tips untuk Mengungkapkan Potensi Diri

2. Selalu lihat dari sisi yang positif
Mulailah untuk melihat sesuatu permasalahan dari sisi yang positif. Setiap permasalahan pasti ada pembelajaran yang bisa didapatkan. Berpikir positif akan membuat langkah kita lebih mudah dalam melewati tantangan yang ada.

3. Fokus pada tujuan hidup
Terimalah kesalahan atau kegagalan di waktu yang lalu, namun lakukan perbaikan diri agar tidak terulang kesalahan dan kegagalan yang sama. Fokus pada tujuan hidup dan manfaatkan masa mudamu dan isi dengan hal – hal yang bisa mengembangkan potensimu. Misalnya training soft skills, seni berkomunikasi dan lain -lain.

Baca juga: Menikah, Ini yang Harus Kamu Pahami Supaya Pernikahan Langgeng

Meningkatkan harga diri setelah mengalami banyak pengalaman di masa lalu tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Apabila mengalami kesulitan, segera datangi psikolog untuk mendapatkan terapi yang dibutuhkan.
Semoga dapat membantu ya. Tetap Semangat.


Wassalamu’alaikum wr wb.
Salam Hormat
Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun