Hikmah Malam Nishfu Sya’ban tidak Dirahasiakan

 
Hikmah Malam Nishfu Sya’ban tidak Dirahasiakan
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Dalam Kalender Hijriyah, setiap tahun Malam Nishfu Sya’ban dipastikan jatuh pada malam di tanggal 15 Sya’ban atau pertengahan bulan di setiap bulan Sya’ban. 

Momentum Nishfu Sya’ban mengandung keutamaan yang sangat istimewa. Momentum tersebut termasuk malam yang dinantikan dan diharapkan oleh seluruh umat Islam agar mendapatkan keberkahannya.

Mengenai Malam Nishfu Sya'ban itu, ditemukan banyak keterangan terkait sejumlah istilah yang disematkan dalam momentum tersebut. Diriwayatkan bahwa Malam Nishfu Sya’ban juga sering disebut sebagai "Malam Pengampunan Dosa" (Lailah Al-Maghfirah) atau "Malam Munajat" (Lailah Ad-Du'a).

Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani menyematkan istilah Malam Nishfu Sya’ban sebagai "Malam Pembebasan" (Lailah Al-Bara’ah) sekaligus "Malam Keberkahan" (Lailah Al-Mubarakah), yakni malam di mana Allah menurunkan rahmat, keberkahan, kebaikan dan ampunan-Nya. Demikian ulama yang berjuluk Sulthanul Auliya’ (pemimpin para wali) tersebut menegaskan tentang keistimewaan Malam Nisfhu Sya'ban di dalam Kitab Al-Ghunyah, sebagaimana berikut: 

وَمِنْهَا سُمِّيَ لَيْلَةَ الْبَرَاءَةِ مُبَارَكَةٌ لِمَا فِيْهَا مِنْ نُزُوْلِ الرَّحْمَةِ وَالْبَرَكَةِ وَالْخَيْرِ وَالْعَفْوِ وَالْغُفْرَانِ لِأَهْلِ الْأَرْضِ

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN