Biografi Sulaiman bin Yasar Al-Hilali Al-Madani

 
Biografi Sulaiman bin Yasar Al-Hilali Al-Madani
Sumber Gambar: Foto istimewa

Laduni.ID, Jakarta - Sulaiman bin Yasar Al-Hilali Al-Madani dengan nama kunyah Abu Ayyub, adalah seorang alim yang rendah hati dan merupakan ulama terkenal dari golongan tabi'in, dan salah dari Tujuh Fuqaha Madinah.

Contents

Riwayat Hidup

Baca juga: Biografi Ibn al-Muqri

Lahir

Beliau diperkirakan lahir pada sekitar masa akhir kekhalifahan Utsman bin Affan. Ia dilahirkan tahun 34 H. Ayahnya berasal dari keturunan Persia. Ia adalah maula (bekas budak) dari Maimunah binti al-Harits, salah seorang istri Nabi Muhammad. Beliau memiliki beberapa saudara kandung yaitu ‘Atha’ bin Yasar, ‘Abdul Malik bin Yasar, dan ‘Abdullah bin Yasar.

Wafat

Sulaiman bin Yasar wafat pada usia 73 tahun, pada tahun 100 H atau 725M. Para ulama berbeda pendapat dalam menentukan tahun wafat beliau. Sebagian ulama mengatakan beliau wafat pada tahun 107 Hijriyyah pada usia 73 tahun, walaupun Al-Imam Al-Bukhari meriwayatkan bahwa Harun bin Muhammad berkata: Aku mendengar sebagian kawanku berkata: Tahun wafat Sulaiman bin Yasar, Sa’id bin Al-Musayyib, ‘Ali bin Al-Husain, Abu Bakr bin ‘Abdirrahman pada tahun 94 Hijriyyah, disebut tahun Fuqaha’.


Baca juga:   Biografi Kharijah bin Zaid bin Tsabit

Pendidikan

Sulaiman bin Yasar banyak mengambil ilmu dan meriwayatkan hadits dari Zaid bin Tsabit, ‘Abdullah bin ‘Abbas, Abu Hurairah, Hassan bin Tsabit, Jabir bin ‘Abdillah, Rafi’ bin Khudaij, ‘Abdullah bin ‘Umar, ‘Aisyah, Ummu Salamah, Maimunah, Abu Rafi’ -maula Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam-, Hamzah bin ‘Amr Al-Aslami, Al-Miqdad bin Al-Aswad, ‘Urwah bin Az-Zubair, Kuraib, ‘Irak bin Malik, ‘Amrah Al-Anshariyah, Muslim bin As-Saib, dan yang lainnya.

Penerus

Tercatat banyak perawi yang meriwayatkan hadist darinya di antaranya Az-Zuhri, Abu Zanad, Rubai'ah Ar-Ra'y, dan lainnya. Adapun yang meriwayatkan hadits dari beliau adalah saudara kandung beliau yaitu ‘Atha’ bin Yasar, Ibnu Syihab Az-Zuhri, Bukair bin Al-Asyaj, ‘Amr bin Dinar, ‘Amr bin Maimun bin Mihran, Salim Abu An-Nadhr, Rabi’ah Ar-Ray, Ya’la bin Hakim, Ya’qub bin ‘Utbah, Abu Az-Zinad, Shalih bin Kaisan, Muhammad bin ‘Amr bin ‘Atha’, Muhammad bin Yusuf Al-Kindi, Yahya bin Sa’id Al-Anshari, Yunus bin Yusuf, ‘Abdullah bin Al-Fadhl Al-Hasyimi, ‘Amr bin Syu’aib, Muhammad bin Abi Harmalah, ‘Abdurrahman bin Yazid bin Jabir, Khutsaim bin ‘Irak, dan yang lainnya.

Baca juga:    Biografi Salim bin Abdullah bin Umar bin Khattab

Teladan

Manusia Alim dan Terpercaya

Diceritakan oleh ‘Abdullah bin Yazid Al-Hudzali bahwa suatu ketika datang seseorang kepada Sa’id bin Al-Musayyib untuk menanyakan tentang sesuatu, maka kata Sa’id bin Al-Musayyib: “Pergilah engkau kepada Sulaiman bin Yasar, karena sesungguhnya dia adalah orang yang paling ‘alim dari manusia pilihan pada masa ini.”

Al-Imam Malik berkata: “Sulaiman bin Yasar adalah ulama umat setelah Sa’id bin Al-Musayyib, dan beliau sering menyepakati Sa’id dalam permasalahan agama. Dan Sa’id sendiri tidak berani mendahuluinya.”

Ibnu Syihab Az-Zuhri berkata: “Beliau adalah seorang ‘alim.”

Al-Hasan bin Muhammad bin Al-Hanafiyyah berkata: “Sulaiman bin Yasar menurut kami adalah orang yang lebih pandai dibanding Sa’id bin Al-Musayyib.”

Ibnu Sa’d berkata: “Beliau adalah seorang yang terpercaya, ‘alim, tinggi kedudukannya, faqih, dan banyak haditsnya.”

Qatadah bin Di’amah berkata: “Aku sampai di kota Madinah, maka aku bertanya kepada penduduknya tentang orang yang paling ‘alim tentang masalah thalaq di kota tersebut, maka mereka menjawab: Sulaiman bin Yasar.”

Abu Zur’ah berkata: “Beliau adalah seorang yang terpercaya, amanah, memiliki keutamaan dan seorang ahli ibadah.”

Yahya bin Ma’in berkata: “Sulaiman adalah seorang yang terpercaya.”

An-Nasa’i berkata: “Beliau termasuk salah satu dari imam kaum muslimin.”

Ahli Fiqih

Ibnu Hibban berkata: “Beliau adalah termasuk Fuqaha’ kota Madinah dan Qurra’ (Ahli Qira’ah) nya kota itu.”

Baca juga: Biografi Khalifah Abu Bakar ash-Shiddiq r.a.

Sumber:

  • Al-Bidayah Wan Nihayah
  • Tokoh-Tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah
 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya