Bimbang di Antara Dua Pilihan: Dia Atau Orang Tua

 
Bimbang di Antara Dua Pilihan: Dia Atau Orang Tua
Sumber Gambar: Koleksi Laduni.ID

Assalamu’alaikum wr wb
Perkenalkan saya S, perempuan usia 20-an, Pak. Mau curhat boleh ya Pak. Jadi saya punya pacar, tetapi orang tua saya gak setuju. Memang sebelumnya saya gak pernah bilang sama orang tua, kalau saya punya pacar dia. Kemudian orang tua saya mengenalkan saya pada cowo pilihan mereka. Saya bingung pak harus bagaimana? Kondisinya sekarang orang tua saya sudah tau kalau saya ada hubungan sama pacar saya. Tapi saya belum bilang masalah ini ke pacar saya. Saya bingung harus bagaimana Pak? Mohon sarannya ya Pak. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr wb
Hormat saya,

S

Jawaban:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Terima kasih sudah berbagi dengan kita di sini, Mba. Saya paham, Anda pasti bingung memilih di antara dua pilihan sulit ini. Satu sisi Anda dituntut patuh dengan orang tua, sisi lain Anda masih sayang sama pacar Anda. Namun demikian, bukan berarti tidak ada solusi, Mba.

Baca juga: Jatuh Cinta pada Orang yang Salah

Beberapa hal yang harus dipahami bagi kita sebagai anak antara lain:

1. Orang tua lebih pengalaman. Oleh karenanya, segala yang diputuskan tentunya sudah berdasarkan pengalaman yang jauh dialami beliau, sehingga beliau lebih paham akan resiko yang terjadi dalam sebuah kejadian.  

2. Orang tua pasti menginginkan kebahagian bagi anaknya. Karenanya, apa yang dipilihkan orang tua tentu untuk kebahagiaan anaknya. Orang tua akan memutuskan yang terbaik bagi anaknya.

3. Ridho Allah tergantung ridho orang tua, dengan catatan apa yang dianjurkan atau diperintahkan orang tua sesuai aturan agama. Ini penting untuk kita pahami. Betapa tinggi derajat orang tua di sisi Allah sehingga ridho Allah pun tergantung pada ridho orang tua. Oleh karenanya kita sebagai anak harus berusaha agar orang tua ridho tujuannya apa ? Agar Allah ridho juga. Kalau Allah sudah ridho maka semua masalah akan mudah diselesaikan.

Baca juga: Menjalin Hubungan Jangan untuk Coba-Coba

Namun memang ada kalanya apa yang orang tua pilihkan bagi kita tidak sesuai dengan kehendak dan keinginan kita. Di sinilah kepatuhan kita diuji. Walaupun yang paling baik tentunya adalah kompromi antara anak dan orang tua.

Anda silahkan timbang-timbang secara logis, untung dan ruginya pada tiap pilihan Anda serta kelebihan dan kekurangan masing-masing calon itu Mba. Bandingkan dengan hati tenang dan pikiran jernih sehingga nanti akan dihasilkan pilihan yang tepat.

Baca juga: Karir atau Menikah Muda

Kalau Anda memilih pacar yang sekarang, Anda harus berjuang bersama cowo Anda untuk meyakinkan orang tua dan bisa membuktikan pilihan Anda itu tepat. Termasuk nanti ketika sudah nikah, Anda tetap harus berjuang untuk itu.

Saat ini yang penting Anda berlatih menenangkan hati biar bisa berpikir jernih. Tidak kalah pentingnya adalah Anda sholat istikharoh memohon kepada Allah agar diberi petunjuk terbaik.
Mungkin itu yang bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Semoga masalahnya segera selesai, Mba.

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam hormat
Dr. Muhammad Fakhrurrozi, M. Psi, Psi