Keutamaan Sholawat Dalailul Khoirot

 
Keutamaan Sholawat Dalailul Khoirot
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Wirid ini disusun oleh Syekh Muhammad bin Sulaiman al Jazuli, dan dalam pengijazahannya selalu disertakan silsilah sanad wirid dalailul Khoirot secara berurutan yang terhubung langsung pada penyusunnya. Dalam pengamalannya, biasanya para mujiz (guru yang mengijazahkan) akan memberikan amaliyah untuk diamalkan secara beriringan dengan wirid Dalailul Khoirot, seperti puasa dan baca Al Quran. Untuk keutamaan Dalailul Khoirot sendiri sangat banyak, berikut keutamaan-keutamaannya sebagaimana disampaikan oleh guru-guru kita: 

1. Keutamaan mengamalkan Dalailul Khoirot yang sangat masyhur dikalangan para pengamal wirid ini adalah cepatnya terkabul hajat yang diinginkan oleh para pembacanya, namun meski begitu hendaknya para pengamal Dalailul Khoirot dalam membaca wirid ini bertujuan murni mencari ridlo Allah dan mendekatkan diri kepada Allah tanpa mengharap pamrih apapun yang bersifat duniawi.

2. Mbah Kyai Hamid Pasuruan dawuh, “Siapa yang membaca kitab Dalailul Khoirot sehari satu hizib insya Allah ruhnya wasil atau tersambung pada hadirat Nabi Muhammad ﷺ, mendapatkan bagian dari akhlak, ilmu dan sirr baginda Nabi Muhammad ﷺ.”

3. Pesan dan wasiat Abah Guru Sekumpul, “Teman terbaik mempersiapkan hari-hari tua adalah dengan memperbanyak membaca al-Qur'an dan mengamalkan shalawat Dalailul Khoirot setiap harinya, sebab amalan tersebut merupakan amaliyah para wali besar dan orang-orang shaleh pada zaman dahulu. Dan, ketika mulai memasuki usia 40 tahun, hendaknya mulai menyibukkan diri bergelut membaca al-Qur'an serta mengamalkan shalawat harian Dalailul Khoirot setiap harinya.”

4. Dalam kitab Syihabul Millah disebutkan, “Orang yang ahli wirid Dalailul Khoirot disamping mendapatkan ganjaran akhirat, dunianya akan diberi kemudahan.”

5. Dalam kitab yang sama, “Orang yang ahli wirid Dalailul Khoirot jika sudah 4 tahun bisa tetap (istiqomah) maka akan keluar madunya dan mudah mata pencahariyannya.”

6. Habib Abdurrahman Bil-Faqih Malang dawuh, “Bagi yang istiqomah mengamalkan Dalailul Khoirot, jika ada hajat cukup dia membaca Fatihah untuk Imam Jazuli dan Rasulullah satu kali kemudian berdoa, ‘Ya Allah dengan Barokah Dalailul Khoirot saya minta..."

7. Mbah Kyai Mahrus Ali Lirboyo dawuh, “Barang siapa yang melanggengkan sholawat Dalailul Khoirot jika jadi kyai insya Allah jadi kyai sungguhan, jika jadi ahli hikmah insya Allah jadi ahli hikmah sungguhan (suwuknya manjur) dan jika jadi kaya maka insya Allah jadi kaya sungguhan.”

8. Mbah Kyai Idris Marzuqi Lirboyo dawuh, “Wirid yang masyhur dan utama bagi santri selain membaca Al-Qur'an adalah Sholawat Dalailul Khoirot.”

9. Mbah Kyai Idris Marzuqi dawuh, “Yang lebih afdhal (ampuh) ijazah Dalailul Khoirot diulangi tujuh kali pada tujuh guru atau digurukan tujuh kali pada satu guru.”

10. Mbah Kyai Idris Marzuqi dawuh, “Orang yang ahli membaca sholawat, anaknya dan keturunannya mudah menjadi orang baik, sholih akhlaknya, dan tingkah lakunya, kecerdasannya itu lain.”

11. Mbah Kyai Idris Marzuqi dawuh, “Sebenarnya bagi para alumni santri Lirboyo mengamalkan sholawat Dalailul Khoirot adalah berarti mengamalkan ilmu dari pondok pesantren Lirboyo. Karena mulai dari Mbah Kyai Abdul Karim, Mbah Kyai Marzuqi, Mbah Kyai Mahrus, itu tidak lepas sehari-harinya dari sholawat Dalailul Khoirot.”

12. Kyai An'im Falahuddin Lirboyo dawuh, “Bila akan ceramah sebaiknya membaca do'a Dalailul Khoirot sebanyak tiga kali (dari KH. Mahrus Ali) insya Allah lancar dan akan keluar materi-materi pidato dari hati kita.”

13. Kyai An'im Falahuddin dawuh, “Ketika membaca do'a Dalailul Khoirot, pada lafadz (وَاقْضِ بِهَا دُيُوْنَنَا) dibaca 41x tanpa nafas atau dibaca 125x dengan bernafas.”

14. Kyai An'im Falahuddin dawuh, “Bila istri hamil sebaiknya dibacakan Dalailul Khoirot setiap malam Jum'at atau hari Jum'at satu majelis satu khataman, kemudian berdoa dan ditiupkan pada pusar istri. Insya Allah bila jabang bayi lahir akan menjadi anak yang tampan atau cantik dan pintar.”

15. Jika sedang wirid Dalailul Khoirot sampai pada wiridan hari selasa lafadz (يَا الله dibaca 8x), dan pada wiridan hari senin lafadznya (...يَا الله) kamu berhenti dan minta apa hajatnya (maqom mustajab).”

16. Jika memiliki hajat yang besar seperti mendatangkan orang minggat, melamar wanita, cepat jodoh dll. Maka baca fatihah kepada orang yang dimaksud lalu baca Dalailul Khoirot khatam pada satu majelis pada waktu tengah malam lalu tawassul kepada Syekh Muhammad bin Sulaiman al Jazuli seperti dibawah ini :

اللّهُمَّ إِنِّي أَتَوَسَّلُ إِلَيْكَ بِوَلِيِّكَ الشَّيْخِ مُحَمَّدِ بْنِ سُلَيْمَان الْجَزُوْلِي صَاحِبِ دَلَائِلِ الْخَيْرَاتِ بِحُرْمَةِ جَمَالِكَ الْبَاقِي وَوَجْهِكَ الْأَعْظَمِ وَبِحُرْمَةِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ تَقْضِيَ حَاجَتِي يَا اللهُ يَا رَبِّي آتِنِي مَا سَأَلْتُكَ (.............) يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ آمِين.

17. Bila ingin naik haji tapi tidak cukup biaya maka baca Dalailul Khoirot satu kali khatam pada waktu tengah malam selama 41 hari lalu, tawassul kepada syekh Muhammad bin Sulaiman al Jazuli seperti di atas tadi. Jika belum berhasil hajatnya maka ulangi lagi sampai hajatnya berhasil. Wallohu A'lam.

اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين

Dikutip dari Ponpes Darul Hikmah Pati


Editor: Daniel Simatupang