Keutamaan Aswaja

 
Keutamaan Aswaja
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID Jakarta - Ahlussunnah Wal-Jamaah banyak memiliki keutamaan, terutama dalam mengamalkan amal shaleh yang mendatangkan banyak pahala yang agung. Antara lain adalah memohonkan ampunan bagi seluruh orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan. Hal ini biasanya dilakukan setelah shalat maktubah lima waktu, dalam doa keseharian, dalam acara tahlilan dan dzikir bersama. Sementara selain Ahlussunnah Wal-Jamaah tidak memiliki tradisi memohonkan ampunan bagi umat Islam secara umum.

Baca Juga: Benteng Aswaja Itu adalah Kyai Marzuki Mustamar

Tradisi mendoakan ampunan bagi seluruh umat Islam tersebut memiliki dasar yang kuat, antara lain hadits sahabat Ubadah bin al-Shamit radhiyallaahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu wa sallam bersabda:

مَنِ اسْتَغْفَرَ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ كَتَبََ اللهُ لَهُ بِكُلِّ مُؤْمِنٍ وَمُؤْمِنَةٍ حَسَنَةً.

Barangsiapa yang memohonkan ampunan bagi orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, maka Allah akan mencatat baginya dengan setiap orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagai satu pahala kebaikan.

Hadits shahih riwayat al-Thabarani dalam al-Mu’jam al-Kabir juz 19 [909] dan Musnad al-Syamiyyin [2155]. Al-Hafizh al-Haitsami berkata dalam Majma’ al-Zawaid juz 10 hlm 210, sanad hadits ini jayyid (istimewa).

Sahabat Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ لَمْ يَكُنْ لَهُ مَالٌ يَتَصَدَّقُ بِهِ فَلْيَسْتَغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِينَ فَإِنَّهُ صَدَقَةٌ

Barangsiapa yang tidak memiliki harta yang dapat ia sedekahkan, maka hendaklah memohonkan ampunan bagi orang-orang yang beriman, karena sesungguhnya hal tersebut adalah sedekah.

Hadits hasan riwayat al-Thabarani dalam kitab al-Du’a’ [1849] dan al-Mu’jam al-Ausath [2693].

Baca Juga: Tangkal Radikalisme, PMII Bogor Gelar Sekolah Aswaja

Kedua hadits di atas menganjurkan agar kita senantiasa mendoakan ampunan kepada Allah bagi saudara-saudara kita kaum beriman, baik laki-laki maupun perempuan, karena dengan doa tersebut, kita akan mendapatkan pahala sebanyak orang-orang yang beriman dan akan dicatat sebagai sedekah kita kepada mereka.

Mari kita saling mendoakan, agar Allah mengampuni kita dan saudara-saudara kita kaum beriman, laki-laki dan perempuan, amin.

Wallahu a’lam
---------
Editor: Nasirudin Latif